Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.29Keywords:
Literasi, Numerasi, Buku Portofolio hotsAbstract
Kendala yang dialami di kelas rendah adalah kemampuan membaca (literasi) dan berhitung (numerasi) masih tergolong rendah, apalagi sejak pandemi covid 19, termasuk di SD Negeri 57/VII Sei Benteng I Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Keterbatasan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran merupakan salah satu persoalan dalam melaksanakan pembelajaran saat ini. Masalah tersebut perlu dicari solusinya, salah satunya dilakukan pelatihan bagi guru untuk membuat atau mengembangkan perengkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung adalah Buku Portofolio Siwa Berbasis HOTS. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan pelatihan ini yaitu :1). Dihasilkannya rancangan buku Portofolio Berbasis HOTS untuk siswa kelas rendah SD oleh guru kelas. Adapun kegiatan ini dilakukan dengan metode interaktif, tahapan kegiatan ini adalah sebagai berikut: 1) Survei pendahuluan. 2) Pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi SiswaSekolah Dasar. 3) Evaluasi
Kata kunci: Literasi, Numerasi, Buku Portofolio hots
Kendala yang dialami di kelas rendah adalah kemampuan membaca (literasi) dan berhitung (numerasi) masih tergolong rendah, apalagi sejak pandemi covid 19, termasuk di SD Negeri 57/VII Sei Benteng I Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Keterbatasan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran merupakan salah satu persoalan dalam melaksanakan pembelajaran saat ini. Masalah tersebut perlu dicari solusinya, salah satunya dilakukan pelatihan bagi guru untuk membuat atau mengembangkan perengkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung adalah Buku Portofolio Siwa Berbasis HOTS. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan pelatihan ini yaitu :1). Dihasilkannya rancangan buku Portofolio Berbasis HOTS untuk siswa kelas rendah SD oleh guru kelas. Adapun kegiatan ini dilakukan dengan metode interaktif, tahapan kegiatan ini adalah sebagai berikut: 1) Survei pendahuluan. 2) Pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi SiswaSekolah Dasar. 3) Evaluasi
References
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2015). Kerangka Landasan untuk
Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eprillia, UH&Prasetyarini, A., (2012). “Implementasi Metode Pembelajaran Calistung Permulaan Bagi Anak Play Group Aisyiah Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo”.Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 12, No. 2, Agustus 2011: 126-136 (Jurnal Online).
Dafik. (2014). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). http://dafik-fkip-unej.org/hom
Kemendikbud. (2013). Pedoman Teknis Pembelajaran Calistung di Sekolah Dasar.
Krulik, S & Rudnick. (1999).“Innovative Tasks to Improve Critical-and Creative-Thinking Skill”.Developing Mathematica; Reasoning in Grades K-12, pp. 138-145.
Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2002). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives: Complete Edition. New York: Longman
Maimunah, M., Andrari, F.R., Qadarsih, N.D. (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Calon Guru dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Berorientasi pada HOTS. Jurnal.lppmunindra.ac.id
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum 2013
Resnick, L.B. (1987). Education and Learning to Think. Washinton DC: National Academy Press
Wardhani, S. W., Hasyim, A., &Rosidin, U. (2015). Evaluasi pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung.Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(5). Retrievedfromhttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/6227.
W.P Ardiandari. (2015). Mengintegrasikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. UNY
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).