Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

Authors

  • Destrinelli Destrinelli Universitas Negeri Jambi, Jambi
  • Suci Hayati Universitas Negeri Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.29

Keywords:

Literasi, Numerasi, Buku Portofolio hots

Abstract

Kendala yang dialami di kelas rendah adalah kemampuan membaca (literasi) dan berhitung (numerasi) masih tergolong rendah, apalagi sejak pandemi covid 19, termasuk di SD Negeri 57/VII Sei Benteng I Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Keterbatasan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran merupakan salah satu persoalan dalam melaksanakan pembelajaran saat ini.   Masalah tersebut perlu dicari solusinya, salah satunya dilakukan pelatihan bagi guru untuk membuat atau mengembangkan perengkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung adalah Buku Portofolio Siwa Berbasis HOTS. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan pelatihan ini yaitu :1). Dihasilkannya rancangan buku Portofolio Berbasis HOTS untuk siswa kelas rendah SD oleh guru kelas. Adapun kegiatan ini dilakukan dengan metode interaktif, tahapan kegiatan ini adalah sebagai berikut: 1) Survei pendahuluan. 2) Pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi SiswaSekolah Dasar. 3) Evaluasi

Kata kunci: Literasi, Numerasi, Buku Portofolio hots

 

Kendala yang dialami di kelas rendah adalah kemampuan membaca (literasi) dan berhitung (numerasi) masih tergolong rendah, apalagi sejak pandemi covid 19, termasuk di SD Negeri 57/VII Sei Benteng I Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Keterbatasan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran merupakan salah satu persoalan dalam melaksanakan pembelajaran saat ini.   Masalah tersebut perlu dicari solusinya, salah satunya dilakukan pelatihan bagi guru untuk membuat atau mengembangkan perengkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung adalah Buku Portofolio Siwa Berbasis HOTS. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan pelatihan ini yaitu :1). Dihasilkannya rancangan buku Portofolio Berbasis HOTS untuk siswa kelas rendah SD oleh guru kelas. Adapun kegiatan ini dilakukan dengan metode interaktif, tahapan kegiatan ini adalah sebagai berikut: 1) Survei pendahuluan. 2) Pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi SiswaSekolah Dasar. 3) Evaluasi

 

References

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2015). Kerangka Landasan untuk

Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eprillia, UH&Prasetyarini, A., (2012). “Implementasi Metode Pembelajaran Calistung Permulaan Bagi Anak Play Group Aisyiah Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo”.Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 12, No. 2, Agustus 2011: 126-136 (Jurnal Online).

Dafik. (2014). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). http://dafik-fkip-unej.org/hom

Kemendikbud. (2013). Pedoman Teknis Pembelajaran Calistung di Sekolah Dasar.

Krulik, S & Rudnick. (1999).“Innovative Tasks to Improve Critical-and Creative-Thinking Skill”.Developing Mathematica; Reasoning in Grades K-12, pp. 138-145.

Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2002). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives: Complete Edition. New York: Longman

Maimunah, M., Andrari, F.R., Qadarsih, N.D. (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Calon Guru dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Berorientasi pada HOTS. Jurnal.lppmunindra.ac.id

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum 2013

Resnick, L.B. (1987). Education and Learning to Think. Washinton DC: National Academy Press

Wardhani, S. W., Hasyim, A., &Rosidin, U. (2015). Evaluasi pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung.Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(5). Retrievedfromhttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/6227.

W.P Ardiandari. (2015). Mengintegrasikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. UNY

.

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

Destrinelli, D., & Hayati, S. (2021). Pelatihan Pengembangan Buku Portofolio Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 1–4. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.29