PKM Action Research Melalui Pemberdayaan Guru SMA Negeri 16 Bone Provinsi Sulawesi Selatan

Authors

  • Muh. Safar Universitas Muhammdiyah Bone
  • Andi Srimularahamah Universitas Muhammdiyah Bone
  • Meldayani Meldayani Universitas Muhammdiyah Bone
  • Syahriani Syahriani Universitas Muhammdiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.311

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru SMA Negeri 16 Bone dalam menulis penelitian tindakan kelas melalui pealtihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan diberikan kepada guru dari berbagai mata pelajaran yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar studi dokumentasi, lembar observasi dan pedoman wawancara. Dari hasil laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah selesai disusun, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa kualitasnya sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan PTK yang diberikan oleh pemateri atau tim pengabdian pada masyarakat telah memberikan dampak positif yang signifikan kepada peserta atau guru SMA Negeri 16 Bone.  Selain itu, peserta sangat aktif mengikuti pelatihan yaitu 65%, temotivasi 65%, pemilihan permasalahan 75% serius, dan 65% yang memiliki tanggung jawab baik dalam menyelesaikan proposal.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Safar, M. ., Srimularahamah, A. ., Meldayani, . M., & Syahriani, S. (2023). PKM Action Research Melalui Pemberdayaan Guru SMA Negeri 16 Bone Provinsi Sulawesi Selatan . Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 8–15. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.311