PKM Action Research Melalui Pemberdayaan Guru SMA Negeri 16 Bone Provinsi Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.311Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru SMA Negeri 16 Bone dalam menulis penelitian tindakan kelas melalui pealtihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan diberikan kepada guru dari berbagai mata pelajaran yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar studi dokumentasi, lembar observasi dan pedoman wawancara. Dari hasil laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah selesai disusun, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa kualitasnya sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan PTK yang diberikan oleh pemateri atau tim pengabdian pada masyarakat telah memberikan dampak positif yang signifikan kepada peserta atau guru SMA Negeri 16 Bone. Selain itu, peserta sangat aktif mengikuti pelatihan yaitu 65%, temotivasi 65%, pemilihan permasalahan 75% serius, dan 65% yang memiliki tanggung jawab baik dalam menyelesaikan proposal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muh. Safar, Andi Srimularahamah, Meldayani, Syahriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).