Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Guru SD Di Kabupaten Inhil
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.32Keywords:
Google Classroom, Media pembelajaranAbstract
Masalah yang dihadapi mitra dalam mengimplementasikan proses belajar mengajar secara daring dimasa pandemic covid adalah kurangnya pemahaman dalam mengelola kelas. Google classroom merupakan salah satu media pembelajaran daring yang dapat digunakan pada masa pandemic covid19. Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk memberikan pengetahuan kepada guru dalam mengelola kelas dengan memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran dan membantu mitra dalam proses pembelajaran secara daring. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari kegiatan ceramah, praktek dan diskusi. Kegiatan pelatihan ini dilakukan pada bulan desember secara daring selama 120 menit. Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang guru sekolah dasar SDN 031 Suhada kecamatan Enok Kabupaten Indragiri hilir. Setelah dilakukan pelatihan, Guru dapat mengelola kelas di google classroom, diantaranya membuat kelas, memasukkan materi pelajaran, membuat kuis dan membuat daftar hadir secara online. Adapun kesulitan guru dalam menggunakan google classroom adalah dalam pembuatan kuis dan dalam membuat daftar hadir. Melalui kegiatan ini, guru dapat mengelola kelas menggunakan google classroom, memudahkan dalam memberikan materi , mempermudah melakukan evaluasi dan penilaian. Serta proses pembelajaran bisa dilakukan kapan dan dimana saja .
References
Arsyad, Azhari. 2014. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
pandemic covid-19. Jurnal PETIK volume-7. Nomor 1 file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/988-3319-1-PB.pdf
Iskandar, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran TIK. Yayasan Kita Menulis
Iftakhar (2016:13) Ifthkar, Shampa. "Google Classroom: What Works And How?". Journal of Education and Social Sciences. Vol. 3. 2016.
Japar, dkk. 2019. Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn.
Latif, S. 2016. Learning Engagement in Virtual Environment. International Journal of Computer Application, 148(11), 7–13. Retrieved from https://www.ijcaonline.org/archives/volume148/number11/25799- 2016911289
Sumarno, A. 2019. Spada Indonesia. Retrieved October 10, 2019, from Spada Indonesia website: http://spada.ristekdikti.go.id//
Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan PTK Bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 0(0), 6–12.
Muhammad Zulham, 2013. Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SMP (Studi Deskriptif Mengenai Kesenjangan Aksesibilitas dan Kapabilitas Teknologi Informasi di Kalangan Guru SMP Kecamatan Krian) Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).