Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Guru SD Di Kabupaten Inhil

Authors

  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau, Pekanbaru
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.32

Keywords:

Google Classroom, Media pembelajaran

Abstract

Masalah yang dihadapi mitra dalam mengimplementasikan proses belajar mengajar secara daring dimasa pandemic covid adalah kurangnya pemahaman dalam mengelola kelas. Google classroom merupakan salah satu media pembelajaran daring yang dapat digunakan pada masa pandemic covid19. Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk memberikan pengetahuan kepada guru dalam mengelola kelas dengan memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran dan membantu mitra dalam proses pembelajaran secara daring. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari kegiatan ceramah, praktek dan diskusi. Kegiatan pelatihan ini dilakukan pada bulan desember secara daring selama 120 menit. Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang guru sekolah dasar SDN 031 Suhada kecamatan Enok Kabupaten Indragiri hilir. Setelah dilakukan pelatihan,  Guru dapat mengelola kelas di google classroom, diantaranya membuat kelas, memasukkan materi pelajaran, membuat kuis dan membuat daftar hadir secara online. Adapun kesulitan guru dalam menggunakan google classroom adalah dalam pembuatan kuis dan dalam membuat daftar hadir. Melalui kegiatan ini, guru dapat mengelola kelas menggunakan google classroom, memudahkan dalam memberikan materi , mempermudah melakukan evaluasi dan penilaian. Serta proses pembelajaran bisa dilakukan kapan dan dimana saja .

References

Arsyad, Azhari. 2014. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

pandemic covid-19. Jurnal PETIK volume-7. Nomor 1 file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/988-3319-1-PB.pdf

Iskandar, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran TIK. Yayasan Kita Menulis

Iftakhar (2016:13) Ifthkar, Shampa. "Google Classroom: What Works And How?". Journal of Education and Social Sciences. Vol. 3. 2016.

Japar, dkk. 2019. Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn.

Latif, S. 2016. Learning Engagement in Virtual Environment. International Journal of Computer Application, 148(11), 7–13. Retrieved from https://www.ijcaonline.org/archives/volume148/number11/25799- 2016911289

Sumarno, A. 2019. Spada Indonesia. Retrieved October 10, 2019, from Spada Indonesia website: http://spada.ristekdikti.go.id//

Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan PTK Bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 0(0), 6–12.

Muhammad Zulham, 2013. Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SMP (Studi Deskriptif Mengenai Kesenjangan Aksesibilitas dan Kapabilitas Teknologi Informasi di Kalangan Guru SMP Kecamatan Krian) Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA

Downloads

Published

2022-01-04

How to Cite

Ain, S. Q., & Dafit, F. (2022). Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Guru SD Di Kabupaten Inhil. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 5–8. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.32