“Guree Inklusi” sebagai Sarana Berbagi Praktik Baik Guru-Guru Inklusi di Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.320Abstract
Pendidikan inklusi menjadi salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan tanpa diskriminasi. Melalui implementasi pendidikan inklusi, diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang dapat berpikir secara inklusi terhadap segala bentuk perbedaan. Konsep inklusi yang memberikan kesempatan peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan peserta didik tidak serta merta menggabungkan mereka dalam satu kelas ataupun dalam satu sekolah. Saat ini Indonesia belum memiliki data yang akurat dan spesifik tentang berapa banyak jumlah anak penyandang disabilitas. Tujuan pengabdian kepada masnyarakat di Gugus IV Cut Mutia Kota Langsa adalah: (a) Melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan implementasi pelaksanaan Pendidikan inklusi bagi guru – guru di Sekolah dasar kota Langsa Khususnya guru dalam PKM Gugus IV Cut Mutia Lota Langsa sebagai wujud implementasi peningkatan IKU 3, yaitu dosen berkegiatan diluar kampus dan IKU 5 yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. (2)Meningkatkan pengetahuan guru- guru di Gugus IV Cut Mutia Lota Langsa terhadap implementasi pelaksanaan Pendidikan inklusi bagi guru – guru di Sekolah dasar kota Langsa Khususnya guru dalam PKM Gugus IV Cut Mutia Lota Langsa, serta terbentuknya platform untuk berbagi praktik baik guru-guru dikelas inklusi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini guru-guru sekolah dasar dalam KKG Gugus IV Cut Mutia memiliki ketertarikan serta peningkatan keterampilan dalam penggunaan media berbasis Virtual reality dalam kelas inklusi sebagi bentuk kegiatan berbagi praktik baik dalam lingkup KKG.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bunga Mulyahati, Ronald Fransyaigu, Dini Ramadhani, Rapita Aprilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).