“Guree Inklusi” sebagai Sarana Berbagi Praktik Baik Guru-Guru Inklusi di Kota Langsa

Authors

  • Bunga Mulyahati Universitas Samudra
  • Ronald Fransyaigu Universitas Samudra
  • Dini Ramadhani Universitas Samudra
  • Rapita Aprilia Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.320

Abstract

Pendidikan inklusi menjadi salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan tanpa diskriminasi. Melalui implementasi pendidikan inklusi, diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang dapat berpikir secara inklusi terhadap segala bentuk perbedaan. Konsep inklusi yang memberikan kesempatan peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan peserta didik tidak serta merta menggabungkan mereka dalam satu kelas ataupun dalam satu sekolah. Saat ini Indonesia belum memiliki data yang akurat dan spesifik tentang berapa banyak jumlah anak penyandang disabilitas. Tujuan pengabdian kepada masnyarakat di Gugus IV Cut Mutia Kota Langsa adalah: (a) Melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan implementasi pelaksanaan Pendidikan inklusi bagi guru – guru di Sekolah dasar kota Langsa Khususnya guru dalam PKM Gugus IV Cut Mutia Lota Langsa sebagai wujud implementasi peningkatan IKU 3, yaitu dosen berkegiatan diluar kampus dan IKU 5 yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. (2)Meningkatkan pengetahuan guru- guru di Gugus IV Cut Mutia Lota Langsa terhadap implementasi pelaksanaan Pendidikan inklusi bagi guru – guru di Sekolah dasar kota Langsa Khususnya guru dalam PKM Gugus IV Cut Mutia Lota Langsa, serta terbentuknya platform untuk berbagi praktik baik guru-guru dikelas inklusi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini guru-guru sekolah dasar dalam KKG Gugus IV Cut Mutia memiliki ketertarikan serta peningkatan keterampilan dalam penggunaan media berbasis Virtual reality dalam kelas inklusi sebagi bentuk kegiatan berbagi praktik baik dalam lingkup KKG.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Mulyahati, B. ., Fransyaigu, R., Ramadhani, D. ., & Aprilia, R. (2023). “Guree Inklusi” sebagai Sarana Berbagi Praktik Baik Guru-Guru Inklusi di Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 54–61. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.320