Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Intelligences (AI) Google Slides Dan Prezi Sebagai Alat Bantu Bagi Mahasiswa Dalam Mengerjakan Tugas Presentasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.327Abstract
Artikel ini membahas tentang pelatihan teknis yang berfokus pada pemanfaatan aplikasi kecerdasan buatan (AI) seperti Google Slides dan Prezi sebagai sarana untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas presentasi. Kajian ini menerapkan pendekatan berupa kuliah, diskusi, serta praktek terkait AI Tools. Hasil dari pelatihan ini sudah terbukti meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam presentasi mereka, yang membuat tugas presentasi mereka menjadi lebih efisien, menarik, serta informatif. Pelatihan AI ini juga mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan AI dalam presentasi, termasuk pilihan tata letak otomatis, analisa konten, serta dukungan visual yang lebih canggih. Selain itu, kegiatan PKM ini dijalankan melalui metode pelatihan yang efektif, meliputi panduan praktis, pembelajaran berbasis proyek, serta tips dalam memaksimalkan penggunaan AI. Hasil dari pelatihan tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mahasiswa dalam merancang presentasi yang berkualitas tinggi serta menarik. Oleh karenanya, pelatihan teknis ini memberikan dampak positif pada perkembangan keterampilan mahasiswa dalam memakai teknologi AI, yang pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas presentasi akademik mereka. Selain itu, pelatihan ini juga meningkatkan pemahaman serta pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan aplikasi seperti Google Slides dan Prezi untuk mempermudah tugas presentasi mereka serta meningkatkan kualitas komunikasi akademik di era 4.0.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gunawan Witjaksono, Ismail Nasar, Edi Ahyani, Isfauzi Hadi Nugroho, Itot Bian Raharjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).