Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.336Abstract
Pelatihan pengembangan perangkat ajar adalah sarana penting untuk memastikan pendidikan yang berkualitas, relevan, dan sesuai dengan perkembangan zaman. oleh karena PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam mengembangankan perangkat ajar kurikulum merdeka.Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SMA N 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Adapun Masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan PKM ini adalah guru-guru SMA N 1 Seluas yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan metode diskusi interaktif. Materi pengembangan perangkat ajar ini disampaikan oleh Haris Firmansyah dengan tiga materi pokok, yakni: (1) Panduan Pembelajaran dan Asesmen, (2) Cara menyusun CP-TP-ATP dalam Kumker, dan (3) Modul dan Bahan Ajar dalam Kumker. Guru mampu meningkatkan pemahamannya terkait dengan pengembangan perangkat ajar kurikulum merdeka. Pemahaman mengenai pengembangan perangkat ajar bagi guru sangatlah penting. Guru harus memahami perangkat ajar dengan baik karena pemahaman yang kuat tentang perangkat ajar memiliki beberapa manfaat penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Dengan memahami perangkat ajar, guru dapat merancang pengalaman belajar yang lebih efektif. Mereka dapat merencanakan urutan pembelajaran, menyesuaikan metode pengajaran, dan memilih sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pemahaman tentang perangkat ajar memungkinkan guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan individu dan tingkat kemampuan siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Haris Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).