Pelatihan Penggunaan SPSS Bagi Guru Untuk Penelitian Kuantitatif Di Sekolah Dasar Pahlawan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i1.35Keywords:
program SPSS, penelitian kuantitatif.Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang penggunaan aplikasi SPSS dalam penelitian kuantitatif baik korelasi maupun eksperimen bagi guru di Sekolah Dasar. Metode pelaksanaan pelatihan terdiri dari tiga bagian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelatihan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data angket yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru-guru Sekolah Dasar Pahlawan dalam menggunakan program SPSS untuk penelitian kuantitatif menjadi meningkat dan respon guru-guru Sekolah Dasar Pahlawan dalam pelatihan menggunakan program SPSS untuk penelitian kuantitatif menunjukkan respon yang positif, baik korelasi maupun eksperimen. Serta dapat meningkatnya pengetahuan, pemahaman, keterampilan guru tentang cara mengoperasikan program SPSS penelitian kuantitatif, menginput dan memproses data serta membaca output atau menginterpretasikan hasil pengolahan data tersebut.
References
Erhaneli dan Irawan, O. (2015) Prediksi Perkembangan Beban Listrik Sektor rumah Tangga di Kabupaten Sijunjung tahun 2013-2022 Dengan Simulasi SPSS. Jurnal Momentum, 17(2), 14-25.
Fadilla. (2017). Statistik SPSS Untuk Penelitian Keuangan. Noer Fikri: Palembang
Ghazali, Imam. (2011). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hadi, S. (2005). Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasyim, M dan Listiawan, T. (2018). Penerapan Aplikasi IBM SPSS untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Menigkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru. Jurnal Adimas, 2(1), 28-35.
Nugroho, Y. S., Hadi, S. P., & Haryono. (2009). Penggunaan Software SPSS untuk Analisis Faktor Daya Beli Listrik Pada Sektor Rumah Tangga Dengan Metode Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Kota Salatiga). Simposium Nasional RAPI VIII, (pp.82-88).
Rahmadhani, R. (2014) Pengaruh Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(6),14-17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurhaswinda Nurhaswinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).