Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Pembinaan Karakter Religius Berbasis Keimanan Di Rumah Anak Shaleh Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.354Abstract
Karakter religius sebagai pondasi yang sangat berpengaruh pada kekokohan akhlak anak sebagai bekal kehidupan sesuai ajaran yang terkandung pada nilai-nilai religius. Nilai-nilai tersebut sangat penting untuk membentuk karakter anak, agar setiap tindakan yang dilakukan dalam kehidupannya mencerminkan perilaku-perilaku yang baik. Salah satu nilai karakter yang perlu ditanamkan kepada anak adalah nilai karakter religius yang didasarkan kepada rukun iman. Pembinaan karakter religius tersebut diberikan melalui layanan bimbingan kelompok, hal ini bertujuan untuk membentuk karakter religius pada anak-anak dengan fokus pada rukun iman. Rumah Anak Shaleh merupakan lembaga sosial yang bergerak dalam bidang pendidikan dan memiliki komitmen untuk perkembangan anak-anak sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada layanan bimbingan kelompok untuk membantu anak-anak memahami dan menerapkan konsep rukun iman untuk memperkuat pemahaman dan pengalaman mereka dalam mengamalkan rukun iman dikehidupan mereka sehari-hari. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis rukun iman di Rumah Anak Shaleh Kota Padang telah berhasil dalam membentuk karakter religius anak-anak. Mereka mengalami peningkatan pemahaman terhadap rukun iman serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, terjadi peningkatan dalam perilaku positif dan kemampuan anak-anak untuk mengatasi tantangan dalam kehidupan mereka. Kegiatan pengabdian ini memberikan kontribusi yang sangat penting dalam memberikan pemahaman melalui pembinaan karakter religius berbasis rukun iman dapat diwujudkan melalui layanan bimbingan kelompok. Hal ini menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter religius di masyarakat dan mempersiapkan generasi yang lebih kuat dalam keyakinan dan etika dalam berbagai aspek kehidupan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosdialena, Thaheransyah, Khoiriah, Daniel Saputra, Oktaviani Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).