Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Microsoft Powerpoint Berbantuan Quizizz Kepada Guru MGMP Matematika SMP Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.37Keywords:
Matematika, Media Pembelajaran, Microsoft PowerPoint, QuizizzAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan Microsoft PowerPoint berbantuan Quizizz sebagai media pembelajaran kepada guru-guru MGMP matematika tingkat SMP di Kota Pekanbaru. Dalam pelaksanaan pelatihan kegiatan pengabdian, guru-guru diberikan materi dan langsung mempraktekkan pembuatan media pembelajaran dengan memanfaatkan Microsoft PowerPoint berbantuan Quizizz. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP N 42 Pekanbaru dengan jumlah peserta adalah 15 orang guru matematika se-kota Pekanbaru. Metode pelaksanaan dilaksanakan secara luring (tatap muka) yang dibagi ke dalam dua tahapan, yakni pemaparan materi dan pendampingan peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru memahami dan mampu membuat media Microsoft PowerPoint berbantuan Quizizz sehingga dapat mengimplementasikannya dalam pembelajaran baik secara daring maupun luring.References
Ahdar. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Padu Masuk terhadap Antusiasme Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Pendidikan, 18(2), 287-302. DOI: https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.2.287-302
Andriani, M., & -, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 143-157. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p143-157
Anyan., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft PowerPoint. JUTECH (Journal Education and Technology), 1(1), 14-20. DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690
Arsihna, N. P., Supurwoko, & Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa CD Interaktif Berbasis Power Point Materi Usaha dan Energi Untuk SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 5(1), 158–164.
Dewi, H. (2019). Penerapan Metode PBL untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Berbantuan Evaluasi Quizizz di Sekolah Bersistem Kredit Semester. Jurnal of JMP, 3(10), 1298-1313.
Kusuma, Y. A. (2020). Efektivitas Penggunaaan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring (online) Fisika Pada Materi Usaha & Energi Kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus Tahun 2019/2020. SKRIPSI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).