Pelatihan Membaca Bahasa Inggris Dengan Metode Storytelling Bagi Siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.39Keywords:
Pelatihan, Bahasa Inggris, Story TellingAbstract
Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Medan dalam melafalkan / mengucapkan kosakata Bahasa Inggris dengan tepat. Para siswa diberikan pelatihan agar dapat mengucapkan kosa kata dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar melalui metode Story Telling yang di ajarkan dengan tepat. PKM ini juga bertujuan untuk membangun kepercayaan diri siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris serta menambah ilmu pengetahuan dalam ejaaan bahasa inggris yang baik dan benar. Dalam Pengabdian Masyarakat ini memiliki 5 tahapan untuk metode yang telah dilalui yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi. Hasil dari PKM ini menunjukan bahwa program Pelatihan Membaca Bahasa Inggris melalui Metode Storytelling di SD Muhammadiyah 1 Medan merupakan program yang sangat bagus dan menarik karena dapat membantu siswa dalam memahami cara pelafalan Bahasa Inggris dengan baik khususnya dalam Story Telling. Siswa-siswa juga merasakan proses pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dan menambah kosa kata baru melalui materi yang diberikan di depan kelas. Hal ini di harapkan nantinya dapat bernilai positif dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya dalam proses pelajaran Bahasa InggrisReferences
Arisandi, K.W.H., Padmadewi, N.N., & Artini, L.P., (2018). Literacy and rewards: teachers’ effort to build children reading habit. SHS Web of Conference, 42, 00018.
Brown, C. S. (2014). Language and literacy development in the early years. The language and Literacy spectrum, vol. 24, 35-48.
Bunanta, Murti. 2009. Buku, Dongeng, dan Minat Baca. Jakarta: Murti Bunanta Foundation.
Dell, J. L. (2014). Literacy instruction in early childhood education: Ohio’s third grade reading guarantee. University of Dayton. Retrieved from https://ecommons.udayton.edu/uhp_theses/13
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/08/mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi- sekolah-4514-4514-4514
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L dan Lowrance. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early childhood education journal, 32 (3). Springer Science Business Media, Inc.
Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm-Ikp), 1(2).
Malan (1991).Artikel Tales of ordinary murder
Marchman, V.A., and Fernald, A. (2008). Speed of word recognition and vocabulary knowledge in infancy predict cognitive and language outcomes in later childhood.
Oliver, Serrat. 2008. Storytelling. USA: Reed Elsevier.
Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yuliansyah, H., & Triyadi, A. (2018). Pengabdian Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Story Telling dan Visual di Rumah Pintar Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).