Pelatihan Pembuatan Soal Hots Pada Materi IPA Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.411Abstract
Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini berupa Pelatihan Pembuatan Soal Hots Pada Materi Ipa Di Sekolah Dasar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru tentang: 1) prinsip-prinsip penilaian pada kurikulum 2013, 2) penyusunan kisi-kisi soal HOTS IPA, 3) penyusunan butir soal dan rubrik penilaian, dan 4). Praktik analisis butir soal. Kegiatan PPM ini dilaksanakan dengan metode pelatihan yang terdiri atas pelatihan terkait prinsip penilaian, penyusunan kisi-kisi soal, Pelatihan Pembuatan Soal Hots Pada Materi Ipa Di Sekolah Dasar dan praktik analisis. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Konawe Selatan yang berjumlah 10 orang. Hasil dari kegiatan PKM ini yakni: 1) guru mampu memahami prinsip-prinsip penilaian, 2) guru mampu menyusun kisi-kisi soal, 3) guru mampu menyusun soal HOTS IPA beserta rubrik penilaiannya dan 4). Guru dapat menggunakan aplikasi dalam menelaah butir soal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chairan Zibar L. Parisu, Erwin Eka Saputra, Kasmawati Kasmawati, Lasisi Lasisi, Waode Ekadayanti, Arna Juwairiyah, Ahmad Ahmad, Ashari Usman, Ridwan Ardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).