Sosialisasi Teknik Mengerjakan Soal Literasi Sains Dengan Cepat Dan Tepat Di Mis Al-Anshar Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.46Keywords:
Teknik, Literasi, Cepat, TepatAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menguasai teknik mengerjakan soal literasi sains dengan cepat dan tepat pada peserta didik kelas V di MIS Al-Anshar Kota Kupang. Jenis kegiatan ini berupa sosialisasi teknik mengerjakan soal literasi sains dengan cepat dan tepat. Subyek dalam pengabdian ini berjumlah 37 peserta didik sebagai responen. Instrumentnya melalui tes, daftar angket dan format observasi. Hasil tes peserta didik mengikuti simulasi setelah mempelajari teknik mengerjakan soal dengan cepat dan tepat menunjukkan pada kategori sangat tinggi dari pada kategori sedang. Artinya peserta didik kelas V MIS Al-Anshar dalam proses pembelajaran lebih membantu setelah mempelajari tentang teknik mengerjakan soal literasi dengan cepat dan tepat dari pada sebelum mempelajari tekniknya. Berdasarkan hasil dari simulasi soal dan juga evaluasi kegiatan pengabdian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan setelah mempelajari teknik mengerjakan soal lietrasi dengan cepat dan tepat pada peserta didik kelas V MIS Al-Anshar Kota Kupang.
References
Dyah Lukito Sari.2015. Penembangan Bahan jara IPA Terpadu berbasis Literasi Sains Bertema Perpindahan Kalor dalam Kehidupan.http://lib.unnes.ac.id/21988/1/4201411102-S.pdf
Irsan.2021. Implementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Buton: Jurnal Basicedu, Vol. 5. No. 6.
Muhammad Randy Fananta, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi. Jakarta Timur: Gerakan Literasi Sains Kemendikbud
Muhammad Randy Fananta, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi. Jakarta Timur: Gerakan Literasi Sains Kemendikbud
UU. RI. 2007. Undang-UndangSistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika
Yosep Firman Narut dan Kanisius Supardi, 2019.Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Ruteng Flores: Jurnal Inovasi pendidikan dasar, Vol. 3. No. 1. Januari
Yuyu Yulianti, “Literasi Sains dalam Pembelajran IPA”, Majalengka: Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3. No. 2.2017, hal. 24
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).