Sosialisasi Teknik Mengerjakan Soal Literasi Sains Dengan Cepat Dan Tepat Di Mis Al-Anshar Kota Kupang

Authors

  • Rabiatun Adwiah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang
  • Asliat Hingi Guhir Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang
  • Sanistriwana Sanistriwana Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang
  • Jailani Tong Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang
  • Nurin Ismail Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.46

Keywords:

Teknik, Literasi, Cepat, Tepat

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menguasai teknik mengerjakan soal literasi sains dengan cepat dan tepat pada peserta didik kelas V di MIS Al-Anshar Kota Kupang. Jenis kegiatan ini berupa sosialisasi teknik mengerjakan soal literasi sains dengan cepat dan tepat. Subyek dalam pengabdian ini berjumlah 37 peserta didik sebagai responen. Instrumentnya melalui tes, daftar angket dan format observasi. Hasil tes peserta didik mengikuti simulasi setelah mempelajari teknik mengerjakan soal dengan cepat dan tepat menunjukkan pada kategori sangat tinggi  dari pada kategori sedang. Artinya peserta didik kelas V MIS Al-Anshar dalam proses pembelajaran lebih membantu setelah mempelajari tentang teknik mengerjakan soal literasi dengan cepat dan tepat dari pada sebelum mempelajari tekniknya. Berdasarkan hasil dari simulasi soal dan juga evaluasi kegiatan pengabdian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan setelah mempelajari teknik mengerjakan soal lietrasi dengan cepat dan tepat pada peserta didik kelas V MIS Al-Anshar Kota Kupang.

References

Dyah Lukito Sari.2015. Penembangan Bahan jara IPA Terpadu berbasis Literasi Sains Bertema Perpindahan Kalor dalam Kehidupan.http://lib.unnes.ac.id/21988/1/4201411102-S.pdf

Irsan.2021. Implementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Buton: Jurnal Basicedu, Vol. 5. No. 6.

Muhammad Randy Fananta, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi. Jakarta Timur: Gerakan Literasi Sains Kemendikbud

Muhammad Randy Fananta, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi. Jakarta Timur: Gerakan Literasi Sains Kemendikbud

UU. RI. 2007. Undang-UndangSistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika

Yosep Firman Narut dan Kanisius Supardi, 2019.Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Ruteng Flores: Jurnal Inovasi pendidikan dasar, Vol. 3. No. 1. Januari

Yuyu Yulianti, “Literasi Sains dalam Pembelajran IPA”, Majalengka: Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3. No. 2.2017, hal. 24

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Adwiah, R., Guhir, A. H., Sanistriwana, S., Tong, J., & Ismail, N. (2022). Sosialisasi Teknik Mengerjakan Soal Literasi Sains Dengan Cepat Dan Tepat Di Mis Al-Anshar Kota Kupang. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 56–62. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.46