Edukasi Pendekatan Inkuiri Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Di SMP Misi Bagi Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i2.765Abstract
Minat belajar merupakan salah satu unsur terpenting yang harus dimiliki dalam sebuah pendidikan dan pembelajaran. Oleh sebab itu, pembinaan untuk meningkatkan minat belajar dari peserta didik perlu untuk diadakan agar setiap orang atau peserta didik dapat meningkatkan minat belajar mereka. Untuk itu, team PKM mengadakan kegiatan ini di SMPS Misi Bagi Bangsa untuk memberikan pembinaan kepada setiap peserta didik supaya dapat meningkatkan minat belajar. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, peserta didik diharapkan dapat meningkatkan minat belajar sehingga mampu mencapai setiap Cita-Cita, Harapan, serta Tujuan dimasa yang akan datang. Untuk itu dalam pelaksanaan kegiatan ini, team Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan tiga tahapan, tahapan tersebut ialah: Pertama, melakukan observasi kepada mitra kegiatan yakni SMPS Misi Bagi Bangsa. Kedua, melakukan kegiatan mulai dari ibadah, pemaparan materi, serta konseling. Dan tahapan ketiga ialah, evaluasi dengan membagikan angket secara langsung yang berbentuk kertas. Oleh sebab itu, adapun hasil yang diperoleh melalui kegiatan PKM ini ialah peserta didik mampu memahami pentingnya pendidikan dalam kehidupan serta minat belajar peserta didik dapat mengalami peningkatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haposan Simanjuntak, Mitra Binariang Lase, Putri Melisa Simorangkir, Viktordeni Siregar, Mawarnida Rajagukguk, Kometa Sihombing, Mika Manalu, Rifa Idola Siregar, Tetty Manalu, Sonip Sihombing, Titin Aritonang, Nelva Sitorus, Paulina Nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).