Edukasi Kesehatan Secara Daring Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi

Authors

  • Ageng Septa Rini Ageng Universitas Indonesia Maju
  • Magdalena Tri Putri Apriyani Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.853

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat penting untuk pria maupun wanita. Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi tentunya akan berdampak kepada remaja tersebut tidak akan memiliki keterampilan hidup (life skills) yang memadai, mereka berisiko memiliki perilaku dan sikap yang tidak sehat khususnya terkait kesehatan reproduksi. Tujuan pengabdian ini adalah mengukur pengetahuan  remaja  tentang  kesehatan  reproduksi yang  masih  cenderung  kurang. Metode Pada pengabdian ini pengabdi fokus memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi kepada remaja, metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan ini adalah penyuluhan yang dilakukan secara online (via zoom). Kegiatan ini sebagai sarana untuk mengedukasi remaja mengenai kesehatan reproduksi remaja, sebelum materi diberikan, remaja yang bergabung dizoom akan diberikan kuesioner terlebih dahulu yaitu pretest, kemudian diakhir akan diberikan kembali pertanyaan sebagai post test, berjumlah 50 remaja. Dan hasil pengabdian masyarakat ini didapatkan adanya peningkatan pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi sebelum dan sesudah diberikan pertanyaan nilai postest 95% remaja menjawab benar. Kesimpulan Pengetahuan remaja putra dan putri tentang kesehatan reproduksi dalam kategori sedang dan baik. Penyuluhan kesehatan yang baik akan memberikan peningkatan pengetahuan remaja terhadap kesehatan reproduksinya. Oleh sebab itu penyuluhan dapat dilakukan dengan menarik baik dilakukan oleh petugas kesehatan, lembaga pendidikan maupun oleh masyarakat umum, secara ofline maupun online.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Ageng, A. S. R., & Apriyani, M. T. P. . (2024). Edukasi Kesehatan Secara Daring Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 58–63. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.853