Pelatihan Penggunaan Mendeley Reference dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah untuk Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tanjungpura
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.874Abstract
Pelatihan penggunaan Mendeley Reference dalam mengelola referensi karya tulis ilmiah bagi mahasiswa Pendidikan Sejarah di FKIP Universitas Tanjungpura bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan referensi dan kualitas karya tulis ilmiah. Metode pelatihan meliputi pengenalan aplikasi Mendeley, instalasi, pendaftaran, manajemen referensi, penggunaan Mendeley Web Importer, integrasi dengan Microsoft Word atau LibreOffice, sesi tanya jawab, dan praktik mandiri. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam mengoptimalkan penggunaan Mendeley dalam penelitian sejarah, serta memperkuat pemahaman tentang pentingnya pengelolaan referensi. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam perjalanan akademik dan profesional mahasiswa, sekaligus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di bidang sejarah. Kesimpulannya, pelatihan Mendeley Reference diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam peningkatan kualitas karya tulis ilmiah dan pemahaman tentang manajemen referensi.
Kata Kunci: Mendeley Reference, Pengelolaan Referensi, Karya Tulis Ilmiah, Pendidikan Sejarah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haris Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).