Penyuluhan Untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Kesehatan Mental Terhadap Siswa Kelas 7B SMP Negeri 223 Jakarta

Authors

  • Silmi Mizaniah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Weni Nur Aisyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Nadia Nugrahani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Dinda Safira Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Nida Wafiq Haifa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Hanna Pertiwi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Gita Andini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Adinda Kurnia Herlambang Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Hanadia Amani Jaudah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Faza Raisa Zharfan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Marina Ery Setiyawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.906

Abstract

Kesehatan mental adalah kondisi dimana individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial. Stress, burnout, bullying dan juga pengendalian diri berkaitan juga dengan kesehatan mental. Penelitian dan penyuluhan ini dilakukan untuk meningkat kepedulian terhadap diri sendiri pada remaja. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pelaksanaan survey dan penyuluhan interaktif. Rangkaian acara penelitian dan penyuluhan meliputi pemberian pre-test dan Perceived Stress Scale (PSS10), pemutaran video animasi yang berkaitan dengan materi, penyampaian materi kesehatan menta yang terdiri atas pengetahuan umum Kesehatan Mental, Stress, Burnout, Bullying, dan Pengendalian diri, dilanjutkan sesi tanya jawab dan sharing-sharing, lalu sesi games, dan pengisian post-test. Hasil penyuluhan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa terhadap kesehatan mental dengan jumlah 27 dari 29 siswa atau 93,1% siswa mengalami peningkatan pada nilai post-test. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan penyuluhan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kesehatan mental. Hasil Perceived Stress Scale (PSS10) menunjukkan 5 siswa dengan stress ringan atau 17,2%, 22 siswa dengan stress sedang atau 75,9%, dan 2 siswa dengan stress berat atau 6,9%, Perlu adanya bimbingan bagi para remaja untuk dapat mengendalikan emosinya saat mereka mengalami stress agar nantinya mereka tidak menyalurkan emosinya kepada perilaku yang negatif dan menyimpang.

Kata Kunci: Burnout, Kesehatan Mental, Pengendalian Diri, Remaja, dan Stress

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Mizaniah, S., Aisyah, W. N., Nugrahani, N., Safira, D. ., Haifa, N. W., Pertiwi, H., Andini, G., Herlambang, A. K., Jaudah, H. A., Zharfan, F. R., & Setiyawati, M. E. (2024). Penyuluhan Untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Kesehatan Mental Terhadap Siswa Kelas 7B SMP Negeri 223 Jakarta. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 158–165. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.906