Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Di Sd Negeri 32 Pontianak Utara

Authors

  • Hadi Wiyono Universitas Tanjungpura
  • Diah Trismi Harjanti Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.922

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru-guru SD Negeri 32 Pontianak Utara dalam menyusun penelitian tindakan kelas. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk pelatihan yang melibatkan 11 guru SD Negeri 32 Pontianak Utara. Metode kegiatan dilakukan dengan tiga teknik yaitu teknik presentasi oleh 2 pemateri, teknik diskusi antara pemateri dan peserta dan teknik penugasan. Analisis keberhasilan kegiatan dilihat dari jumlah guru yang ikut kegiatan dan hasil analisis penugasan. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh hasil bahwa kegiatan pelatihan diikuti oleh 11 guru, hasil analisis tugas yang dikumpulkan menunjukan terjadi peningkatan pemahaman dan ketrampilan peserta pelatihan tentang penyusunan melakukan penelitian tindakan kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan penyusunan penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SD Negeri 32 Pontianak Utara meningkatkan pemahaman dan ketrampilan peserta kegiatan.

Kata Kunci: Pelatihan Penyusunan; Penelitian Tindakan Kelas (PTK); Guru SD

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Wiyono, H. ., & Harjanti, D. T. . (2024). Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Di Sd Negeri 32 Pontianak Utara. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 250–256. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.922