Pengembangan Kompetensi Profesional Guru SD Berbasis Kearifan Lokal di Kecamatan Rasau Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.948Abstract
Pengembangan kompetensi profesional guru SD berbasis kearifan lokal harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Dapat dilakukan dengan memperkenalkan nilai kearifan lokal pada kurikulum, memberikan pelatihan berkala, dan melibatkan masyarakat setempat dalam proses pendidikan. Diharapkan guru dapat lebih mudah memahami dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bagi anak-anak dan anak-anak akan lebih mudah memahami prinsip-prinsip kearifan lokal, yang akan membentuk generasi yang memiliki moratorium yang kuat. Metode workshop yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Active Learning adalah pendekatan lain yang juga digunakan. Materi yang disampaikan meliputi kompetensi professional guru, guru pembelajar, kurikulum merdeka, profil, dimensi dan elemen profil Pancasila, konsep dan fungsi kearifan lokal. Hasil tingkat kepuasan peserta terhadap metode atau cara penyampaian narasumber dalam kegiatan mencapai 80% dari puas hingga sangat puas. Terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan yaitu 60% dan 30% sangat puas dan puas dan hanya 10% yang cukup puas. Kebermanfaatan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan. Diketahui bahwa 75% peserta menyatakan pengabdian yang telah dilaksanakan sangat bermanfaat. Menurut peserta pengabdian yang telah dilaksanakan dapat dilanjutkan oleh mitra pengabdian 75% peserta menyatakan sangat bisa dilanjutkan, sedangkan 25% peserta menyatakan bisa dilanjutkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah Trismi Harjanti, Hadi Wiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).