Pelatihan Penggunaan Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1062Abstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan semakin berkembang dan memberikan berbagai peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah Quizizz, sebuah platform berbasis web yang memungkinkan pembuatan kuis interaktif sebagai media evaluasi pembelajaran. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan kepada tutor di dalam pembuatan dan penggunaan Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di PKBM King Sae Qencana, adapun pelatihan ini dilakukan secara sesi praktik langsung, diskusi kelompok dan monitoring pasca-pelatihan untuk mengevaluasi implementasi quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran. Kajian pustaka, dan pelatihan dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak antara lain, tim pengabdian, tutor, peserta didik dan kepala sekolah. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta merasa lebih percaya diri dan terampil dalam menggunakan Quizizz sebagai alat evaluasi. Selain itu, penggunaan quizizz terbukti meningkatkan motivasi dan pertisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Implementasi dari Quizizz ini diharapkan dapat mendorong adopsi lebih luas dari teknologi pendidikan untuk mendukung evaluasi pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pixyoriza, Iskandar, Binti Khoiriyah, Santi Widyawati, Wiwin Rita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).