Penggunaan Media Pecahan Untuk Pembelajaran Matematika Menyenangkan Kelas V SDN 65 Kota Bengkulu

Authors

  • Dio Reski Winanda Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Winda Ramadianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1063

Abstract

 

Program pengabdian kepada masyrakat ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pecahan yang menyenangkan, khususnya menggunakan alat bantu, dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN 65 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif studi kasus dengan partisipan siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman konsep pecahan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil pegabdian ini menunjukkan bahwa Program pegabdian kepada masyrakat memiliki dampak positif dalam penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran pecahan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi matematika, serta membantu mengurangi kebosanan dalam pembelajaran. Pegabdian ini adalah pentingnya memanfaatkan teknologi dan kreativitas dalam proses pembelajaran matematika untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa.

Kata Kunci: Media Pecahan, Pembelajaran Matematika, SDN 65 Kota Bengkulu.

Abstract

This community service program aims to explore the use of fun fraction media, especially using tools, in learning mathematics in grade V of SDN 65 Bengkulu City. The community service method used was a qualitative descriptive case study with grade V student participants. Data were collected through observations, interviews, and tests of understanding of fraction concepts before and after treatment. The results of this service show that the community service program has a positive impact in the use of props as a medium for learning fractions can increase student interest and understanding of mathematics material, and help reduce boredom in learning. This service is the importance of utilizing technology and creativity in the mathematics learning process to create a fun environment and enrich students' learning experience.

Keywords: Fraction Media, Math Learning, SDN 65 Bengkulu City.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Winanda, D. R. ., Jumri, R. ., & Ramadianti, W. . (2024). Penggunaan Media Pecahan Untuk Pembelajaran Matematika Menyenangkan Kelas V SDN 65 Kota Bengkulu. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 553–558. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1063