Psikoedukasi Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1088Abstract
Salah satu masalah yang rentan terjadi di lingkungan sekolah adalah perkelahian antar teman. Perkelahian tersebut tentunya terjadi akibat kurangnya kemampuan siswa dalam meregulasi emosi. Psikoedukasi ini diikuti oleh 29 siswa kelas VII SMP Strada Slamet Riyadi Kota Tangerang, Banten. Psikoedukasi bertujuan agar peserta didik dapat lebih mengenal, memahami, dan pada akhirnya mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi, sehingga dapat tercipta lingkungan sekolah yang aman, tertib, dan nyaman. Melalui kegiatan psikoedukasi diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, hampir semua siswa menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan regulasi emosi yang rendah. Hal ini ditandai dengan kesulitan siswa untuk menenangkan diri, berpikir matang, dan berbicara dengan baik saat emosi negatifnya muncul. Kedua, siswa menyadari pentingnya regulasi emosi dalam kehidupan sehari- hari dan memberikan manfaat untuk mempererat kerukunan antar teman dan memberikan kesan yang baik kepada orang lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ekklesia Eunike Lase, Raja Oloan Tumanggor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).