Psikoedukasi Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang

Authors

  • Ekklesia Eunike Lase Universitas Tarumanagara
  • Raja Oloan Tumanggor Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1088

Abstract

Salah satu masalah yang rentan terjadi di lingkungan sekolah adalah perkelahian antar teman. Perkelahian tersebut tentunya terjadi akibat kurangnya kemampuan siswa dalam meregulasi emosi. Psikoedukasi ini diikuti oleh 29 siswa kelas VII  SMP Strada Slamet Riyadi Kota Tangerang, Banten. Psikoedukasi bertujuan agar peserta didik dapat lebih mengenal, memahami, dan pada akhirnya mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi, sehingga dapat tercipta lingkungan sekolah yang aman, tertib, dan nyaman. Melalui kegiatan psikoedukasi diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, hampir semua siswa menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan regulasi emosi yang rendah. Hal ini ditandai dengan kesulitan siswa untuk menenangkan diri, berpikir matang, dan berbicara dengan baik saat emosi negatifnya muncul. Kedua, siswa menyadari pentingnya regulasi emosi dalam kehidupan sehari- hari dan memberikan manfaat untuk mempererat kerukunan antar teman dan memberikan kesan yang baik kepada orang lain.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Lase, E. E., & Tumanggor, R. O. (2024). Psikoedukasi Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 625–629. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1088