Kontrol Diri Dalam Lingkungan Pertemanan Siswa SMA Budi Mulia Jakarta

Authors

  • Christabella Christabella Universitas Tarumanagara
  • Feodora Nadine Universitas Tarumanagara
  • Raja Oloan Tumanggor Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1097

Abstract

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial dan memerlukan orang lain di dalam hidupnya. Bisa keluarga ataupun teman di tempat lingkungan mereka berada. Dalam suatu lingkungan dimana seseorang itu berada, tentunya akan bertemu dengan teman yang memiliki umur yang sama atau teman sebaya dan memiliki suatu tujuan yang sama. Sehingga, perkumpulan dari teman sebaya akan menciptakan suatu lingkungan pertemanan. Lingkungan pertemanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap sikap dan karakter pada seseorang, terutama para siswa SMA. Pengaruh yang dibawakan bisa dalam berbagai dampak, bisa dampak yang positif dan bisa saja dampak yang negatif. Dampak positif yang dihasilkan bisa saja membangun karakter seseorang menjadi yang lebih baik, mendapatkan dukungan dan motivasi dan menjadi pribadi yang membawa hal-hal yang positif bagi orang lain. Sedangkan, dampak negatif dapat membawa seseorang ke dalam arus pertemanan yang kurang sehat dan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Siswa yang di SMA Budi Mulia merupakan salah satu siswa yang memiliki umur-umur dimana seseorang mudah terbawa arus negatif dari lingkungan pertemanan. PKM berupa psikoedukasi bagi 31 siswa yang berada di SMA Budi Mulia mengenai kontrol diri dalam lingkungan pertemanan. Tujuannya adalah untuk mendorong para siswa untuk memahami dan meresapi pengertian dari kontrol diri sehingga para siswa SMA tidak mudah terpengaruh oleh sekitarnya.

Kata Kunci: kontrol diri, lingkungan pertemanan, siswa SMA

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Christabella, C., Nadine, F., & Tumanggor, R. O. (2024). Kontrol Diri Dalam Lingkungan Pertemanan Siswa SMA Budi Mulia Jakarta. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 630–634. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1097