Pemberdayaan Pendidik: Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Citra Sekolah Melalui Pelatihan Menulis untuk Publikasi di SMKN 1 Tapung

Authors

  • Herlinawati Herlinawati Universitas Lancang Kuning
  • Adolf Bastian Universitas Lancang Kuning
  • M. Firdaus Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1144

Abstract

Artikel ini membahas kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan profesionalisme guru dan citra sekolah melalui pelatihan menulis untuk publikasi di SMKN 1 Tapung. Pendekatan partisipatif dan kolaboratif digunakan, melibatkan identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Para guru dilibatkan dalam pelatihan, lokakarya, dan sesi mentoring untuk mengatasi tantangan seperti keterbatasan waktu, keterampilan, motivasi, dan akses sumber daya. Proses pemantauan dan evaluasi dilakukan secara cermat. Hasil karya ilmiah dipublikasikan pada jurnal terakreditasi, sementara penyebaran hasil dan pembinaan lanjutan dilakukan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis karya ilmiah dan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan kejuruan, serta mendukung citra sekolah sebagai pusat inovasi.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Herlinawati, H., Bastian, A. ., & Firdaus, M. . (2024). Pemberdayaan Pendidik: Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Citra Sekolah Melalui Pelatihan Menulis untuk Publikasi di SMKN 1 Tapung. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 717–725. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.1144