Implementasi Kelas Membaca Dalam Prespektif Peningkatan Literasi Siswa Di SDN-027 Bengkulu Utara

Authors

  • Elisti Agustina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amanah Qurniati Amnur Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kelas membaca dalam perspektif peningkatan literasi siswa di SDN 027 Bengkulu Utara. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya tingkat literasi siswa yang berakibat pada prestasi akademik yang kurang memuaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kelas membaca secara signifikan meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Program ini melibatkan strategi seperti pemilihan bahan bacaan yang sesuai, pemberian waktu khusus untuk membaca, serta pelatihan dan motivasi dari guru. Dampak positif terlihat pada peningkatan keterampilan membaca, pemahaman teks, serta sikap positif terhadap kegiatan membaca misalnya peningkatan dalam keterampilan sosial dan emosional, seperti peningkatan rasa percaya diri, empati, dan kemampuan berbicara di depan umum.

Kesimpulannya, program kelas membaca ini berhasil meningkatkan literasi siswa di SDN-027 Bengkulu Utara secara signifikan. Dengan metode pengajaran yang interaktif dan dukungan lingkungan yang kondusif, program ini dapat menciptakan budaya literasi yang kuat di sekolah. Dukungan berkelanjutan dan peningkatan sumber daya diharapkan dapat memperkuat dan memperluas dampak positif program ini di masa depan Kesimpulannya, kelas membaca efektif dalam meningkatkan literasi siswa dan dapat diadopsi sebagai strategi untuk memperbaiki kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Agustina, E. ., & Amnur, A. Q. . (2024). Implementasi Kelas Membaca Dalam Prespektif Peningkatan Literasi Siswa Di SDN-027 Bengkulu Utara. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 170–177. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1166