Implementasi Kelas Membaca Dalam Prespektif Peningkatan Literasi Siswa Di SDN-027 Bengkulu Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1166Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kelas membaca dalam perspektif peningkatan literasi siswa di SDN 027 Bengkulu Utara. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya tingkat literasi siswa yang berakibat pada prestasi akademik yang kurang memuaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kelas membaca secara signifikan meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Program ini melibatkan strategi seperti pemilihan bahan bacaan yang sesuai, pemberian waktu khusus untuk membaca, serta pelatihan dan motivasi dari guru. Dampak positif terlihat pada peningkatan keterampilan membaca, pemahaman teks, serta sikap positif terhadap kegiatan membaca misalnya peningkatan dalam keterampilan sosial dan emosional, seperti peningkatan rasa percaya diri, empati, dan kemampuan berbicara di depan umum.
Kesimpulannya, program kelas membaca ini berhasil meningkatkan literasi siswa di SDN-027 Bengkulu Utara secara signifikan. Dengan metode pengajaran yang interaktif dan dukungan lingkungan yang kondusif, program ini dapat menciptakan budaya literasi yang kuat di sekolah. Dukungan berkelanjutan dan peningkatan sumber daya diharapkan dapat memperkuat dan memperluas dampak positif program ini di masa depan Kesimpulannya, kelas membaca efektif dalam meningkatkan literasi siswa dan dapat diadopsi sebagai strategi untuk memperbaiki kualitas pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisti Agustina, Amanah Qurniati Amnur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).