Sosialisasi Expire Date Dan Beyond Use Date Pada Masyarakat Desa Randusari Pagerbarang-Tegal

Authors

  • Susiyarti Susiyarti Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Joko Santoso Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • A. Sunardi Politeknik Harapan Bersama Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1209

Abstract

Perilaku masyarakat dalam hal penggunaan dan penyimpanan obat menjadi fenomena yang berdampak terhadap kejadian yang tidak diharapkan dalam menjalani terapi. Sebelum menggunakan obat salah satu hal yang menjadi patokan apakah obat tersebut masih layak digunakan atau tidak adalah tanggal kadaluarsa ED dan BUD. Tanggal kadaluarsa (ED) merupakan batas waktu penggunaan obat setelah diproduksi oleh pabrik farmasi, sebelum kemasannya dibuka. BUD merupakan batas waktu penggunaan obat setelah diracik atau disiapkan atau setelah kemasan primernya dibuka atau rusak. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Masyarakat Desa Randusari Kecamatan Pagerbarang tentang ED dan BUD.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Randusari Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Tanggal 2 Juni 2024 dengan metode ceramah dilengkapi dengan leaflet. Sosialisasi yang diberikan pada Ibu-ibu PKK, diawali dengan pre test dilanjutkan pemberian materi dan pembagian leaflet. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan post test.

Hasil kegiatan terdapat peningkatan pengetahuan peserta tentang BUD secara signifikan. Nilai rata-rata pre test 37%, dan post test 97%, hal ini menunjukkan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta terkait expired date dan beyond use date dapat tercapai. Kegiatan ini diharapkan dapat memperluas informasi BUD dan Ibu-ibu PKK dapat menjadi kader kesehatan untuk menyampaikan informasi kepada keluarga dan masyarakat sekitar tentang pentingnya BUD untuk mencegah kesalahan penggunaan obat.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Susiyarti, S., Santoso, J. ., & Sunardi, A. . (2024). Sosialisasi Expire Date Dan Beyond Use Date Pada Masyarakat Desa Randusari Pagerbarang-Tegal. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 236–241. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1209