Illumination and Empowerment of Christian Religious Education, Cross-Cultural Relations in Multicultural Education through collaboration with Payab University

Authors

  • Bangun Munthe Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Imelda Butarbutar Universitas HKBP Nommensen, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1233

Abstract

Masalah yang sering terjadi di dunia pendidikan di wilayah Indonesia seakan-akan tidak ada habisnya. Seperti : perkelahian, tawuran, diskriminasi, fanatik, masih sering ditemukan di wilayah Indonesia. Disamping itu, banyak pihak yang mengatakan pendidikan Agama dan pendidikan multikultural belum tertanam dengan baik di hati para siswa, sehingga siswa melakukan perbuatan yang tidak baik. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengungkapkan bagaimana peran pendidikan agama di Indonesia dengan tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan Pendidikan Agama dan Pendidikan Multikultural di Indonesia. (2) Untuk meneliti atau mendeskripsikan jenis-jenis kegiatan Pendidikan Keagamaan dan Pendidikan Multikultural Indonesia. (3) Untuk mencari model implementasi pendidikan Agama dan Pendidikan Multikultural Indonesia dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama.Penulis dalam riset ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Jenis penelitian Kualitatif yang penulis gunakan adalah Studi Kasus.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara.

Author Biographies

Bangun Munthe, Universitas HKBP Nommensen, Medan

Program Studi Pendidikan Agama Kristen

Imelda Butarbutar, Universitas HKBP Nommensen, Medan

Program Studi Pendidikan Agama Kristen

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Munthe, B., & Butarbutar, I. . (2024). Illumination and Empowerment of Christian Religious Education, Cross-Cultural Relations in Multicultural Education through collaboration with Payab University. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 499–506. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1233