Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi di SD Negeri 020 Kasikan Melalui Program Kampus Mengajar 7
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1242Abstract
Literasi dan numerasi merupakan kompetensi dasar yang vital bagi peserta didik dalam menghadapi kehidupan di luar kelas. Banyak peserta didik yang masih belum menguasai kompetensi ini, mendorong Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program MBKM, yaitu Kampus Mengajar, memungkinkan mahasiswa berperan dalam meningkatkan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah-sekolah terbelakang, seperti UPT SDN 020 Kasikan di Riau. Penelitian ini menggambarkan berbagai program yang dirancang dan dilaksanakan mahasiswa Kampus Mengajar 7 di UPT SDN 020 Kasikan. Program-program tersebut meliputi peningkatan literasi melalui membaca 10 menit sebelum KBM, pembuatan mading sekolah, dan festival literasi. Untuk numerasi, diperkenalkan papan perkalian dan transaksi bank. Transformasi digital juga diupayakan dengan pembuatan titik sekolah di Google Maps dan pelatihan Google Forms untuk guru. Hasilnya menunjukkan bahwa program-program ini berhasil meningkatkan minat dan keterampilan literasi serta numerasi siswa. Selain itu, adaptasi teknologi di sekolah juga mengalami peningkatan. Kesimpulannya, program Kampus Mengajar tidak hanya mengajar tetapi juga mendorong perkembangan literasi, numerasi, dan teknologi di sekolah-sekolah terbelakang, sehingga direkomendasikan untuk terus dilanjutkan guna membantu sekolah-sekolah di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mei Br. Siringo-ringo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).