Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V SD Negeri 55 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Ludo Math
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1290Abstract
Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di satuan pendidikan dasar yang dibuat sebagai salah satu tujuan dari program Kampus Mengajar yaitu dengan adanya variasi metode pembelajaran. Khususnya pada mata pelajaran matematika, permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 55 Kota Bengkulu adalah kebanyakan siswa kelas V masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal terutama dalam bentuk narasi, yang menyebabkan rendahnya minat mereka terhadap pelajaran ini. Untuk mengatasi hal ini, media pembelajaran Ludo Math dirancang agar pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan interaktif. Media pembelajaran ini diterapkan kepada 13 siswa kelas V.B. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi numerasi, tetapi juga melatih siswa agar berdiskusi secara aktif untuk memecahkan persoalan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap siswa dalam pemahaman konsep matematika, kemampuan berpikir logis, dan minat belajar siswa selama pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ghina Aliefia Rahma, Adi Asmara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).