Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V SD Negeri 55 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Ludo Math

Authors

  • Ghina Aliefia Rahma Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Asmara Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1290

Abstract

Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di satuan pendidikan dasar yang dibuat sebagai salah satu tujuan dari program Kampus Mengajar yaitu dengan adanya variasi metode pembelajaran. Khususnya pada mata pelajaran matematika, permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 55 Kota Bengkulu adalah kebanyakan siswa kelas V masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal terutama dalam bentuk narasi, yang menyebabkan rendahnya minat mereka terhadap pelajaran ini. Untuk mengatasi hal ini, media pembelajaran Ludo Math dirancang agar pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan interaktif. Media pembelajaran ini diterapkan kepada 13 siswa kelas V.B. Program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi numerasi, tetapi juga melatih siswa agar berdiskusi secara aktif untuk memecahkan persoalan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap siswa dalam pemahaman konsep matematika, kemampuan berpikir logis, dan minat belajar siswa selama pembelajaran.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Rahma, G. A., & Asmara, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V SD Negeri 55 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Ludo Math. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 514–518. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1290