Sosialisasi Pengembangan Karakter Remaja dalam Mencegah Perundungan di SMP Kalam Kudus-1 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1292Abstract
Perundungan yang terjadi di sekolah merupakan aksi yang meresahkan. Salah satu yang penyebab aksi perundungan adalah kurangnya kontrol diri dalam proses perkembangan anak remaja. Hal ini harus dipahami oleh para remaja dalam pertumbuhannya melalui edukasi. Kegiatan pengabdian masyarakat (PkM) Internasional ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang urgensi pengembangan karakter dalam mencegah perundungan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa dari program studi Pendidikan Agama Kristen bersama mahasiswa dari Universitas Ceko. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 10-11 Juli 2024 di sekolah menengah tingkat pertama (SMP) Kalam Kudus 1 Medan. Dalam upaya mencegah perundungan di sekolah, maka seluruh pihak harus bersinergi untuk memberikan edukasi tentang dampak perundungan tersebut. Hal ini tidak bisa dibiarkan, karena akan semakin mendorong pelaku untuk melakukan aksinya. Melalui kegiatan pengabdian ini mahasiswa Universitas Ceko juga memaparkan bahwa diantara negera Hongaria dan Polandia, salah satu negara yang paling rendah tingkat perundungan adalah Republik Ceko. Pemerintah Republik Ceko sangat tanggap dalam upaya menertibkan negara tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bentuk ceramah, sharing/tanya. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini adalah siswa dapat memahami dampak negatif perilaku perundungan, sehingga siswa semakin mampu mengontrol diri dan mampu menanamkan sikap saling menerima satu dengan yang lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imelda Butarbutar, Bangun Munthe, Romulus Sirait, Rasmaindah Sinaga, Rohit Sibarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).