Reuse Sampah Anorganik menjadi Ecopillow melalui Kegiatan APEL MALANG (Aksi Peduli Lingkungan dengan Mengolah Ulang Sampah) di SDN Cilolohan Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1294Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan inisiatif pemerintah untuk meningkatkan karakter peserta didik melalui berbagai aktivitas pembelajaran. Salah satu aspek penting dari P5 adalah gaya hidup berkelanjutan, yang mengajarkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan melalui tindakan nyata. Artikel ini membahas implementasi program aksi peduli lingkungan di SDN Cilolohan Tasikmalaya, di mana siswa diajarkan untuk mengolah ulang sampah menjadi ecopillow. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan memperkenalkan mereka pada konsep daur ulang sebagai bagian dari gaya hidup berkelanjutan. Berdasarkan hasil analisis data bahwa proyek telah dilaksanakan dan berhasil dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pre test peserta didik di kelas VI A 50,31 dan post test 77,5. Sedangkan peserta didik di kelas VI B memperoleh nilai rata-rata pre test 65,22 dan post test 86,72.
Kata Kunci: ecopillow
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Citra Kania Budi Putri, Indri Amalia Febrianti, Joni Asep Setiawan, Leti Sundawati, Sekar Lailasari, Aveny Septi Astriani, Ipah Muzdalipah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).