Pelatihan Penggunaan Fitur Komunitas Belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SD 182/1 Hutan Lindung

Authors

  • Arsil Arsil Universitas Jambi
  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi
  • Andi Gusmaulia Eka Putri Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi
  • Akhmad Faisal Hidayat Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1333

Abstract

Pelaksanaan pemanfaatan fitur komunitas belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SD Negeri 182/1 Hutan Lindung bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman guru dalam menggunakan teknologi pendidikan. Metode pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SDN 182/1 Hutan Lindung, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari, dengan melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai peserta selama empat bulan melalui metode interaktif. Tahapan kegiatan meliputi survei pendahuluan untuk mengidentifikasi kendala penggunaan PMM, pelatihan penggunaan fitur komunitas belajar dan pendaftaran dalam aplikasi, bimbingan dan pendampingan dalam penyusunan program konsultatif, serta evaluasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil memahami cara membuka dan mengakses PMM serta mengoperasikan fitur komunitas belajar dengan baik, meningkatkan kemampuan dalam membuat dan mengelola komunitas belajar secara online, dan mengelola waktu dengan lebih efisien. Temuan ini mengindikasikan bahwa partisipasi dalam komunitas belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan pedagogik guru dan mendukung pengembangan profesional mereka, sehingga berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Arsil, A., Hariandi, A., Gusmaulia Eka Putri, A. ., Noviyanti, S., & Faisal Hidayat, A. (2024). Pelatihan Penggunaan Fitur Komunitas Belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SD 182/1 Hutan Lindung . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 506–510. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1333