Pelatihan Penggunaan Fitur Komunitas Belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SD 182/1 Hutan Lindung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1333Abstract
Pelaksanaan pemanfaatan fitur komunitas belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SD Negeri 182/1 Hutan Lindung bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman guru dalam menggunakan teknologi pendidikan. Metode pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SDN 182/1 Hutan Lindung, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari, dengan melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai peserta selama empat bulan melalui metode interaktif. Tahapan kegiatan meliputi survei pendahuluan untuk mengidentifikasi kendala penggunaan PMM, pelatihan penggunaan fitur komunitas belajar dan pendaftaran dalam aplikasi, bimbingan dan pendampingan dalam penyusunan program konsultatif, serta evaluasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil memahami cara membuka dan mengakses PMM serta mengoperasikan fitur komunitas belajar dengan baik, meningkatkan kemampuan dalam membuat dan mengelola komunitas belajar secara online, dan mengelola waktu dengan lebih efisien. Temuan ini mengindikasikan bahwa partisipasi dalam komunitas belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan pedagogik guru dan mendukung pengembangan profesional mereka, sehingga berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arsil Arsil, Ahmad Hariandi, Andi Gusmaulia Eka Putri, Silvina Noviyanti, Akhmad Faisal Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).