Peningkatan Literasi Digital dalam Menulis Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Teknologi AI Bagi Guru di Pesantren Tahfizh Istana Quran Indonesia PTIQI Lampung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1343Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan di desa masih tertinggal dibandingkan dengan di kota. Salah satu faktor utama adalah rendahnya minat guru di desa untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya teknolog AIi dalam memudahkan menulis artikel ilmiah. Tujuan pengabdian ini untuk memberdayakan masyarakat khususnya para guru untuk lebih memahami esensi menulis artikel ilmiahberbasis teknologi AI. Metode pelaksanaan yang digunakann yaitu menyelenggarakan pelatihan intes tentang tips dan trik untuk menulis artikel ilmiah dalam menuntaskan syarat kenaikan jabatan fungsional guru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sangat diperlukan teknik untuk memudahkan menulis artikel ilimiah bagi guru berbasis teknologi AI, dengan cara melaksanakan pelatihan menulis artikel ilmiah berbasis teknologi AI. Pelatihan ini diharapkan nantinya memiliki pemahaman akan pentingnya menulis artikel ilmiah serta mempunyai keterampilan menulis artikel ilmiah sehingga bisa menerbitkan berbagai karya ilmiah dengan menggunakan teknologi AI. Pengabdian ini berimplikasi untuk mengembangkan kemampuan serta professional guru di masa depan agar tidak gagap teknologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pauzan Haryono, Dede Rubai Misbahul Alam, Ibnu Muthi, Baharuddin Baharuddin, Ilham Ilahiah, Fathurrohman Fathurrohman, Muhammad Resky
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).