Pembinaan Ekstrakurikuler Islami bagi Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Berakhlak Mulia di SDN 01 Lahat Selatan

Authors

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sri Hartati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat karakter guru yang baik dengan membudayakan akhlak mulia murid, khususnya SDN 01 Kabupaten Lahat Selatan Lahat. Secara khusus Desa Tanjung Payang, SDN 01 Lahat Selatan, menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Menulis artikel ilmiah membantu siswa belajar lebih banyak sambil menumbuhkan perilaku dan sikap hormat. Temuan ini menunjukkan bahwa banyak siswa, khususnya di SDN 01 Lahat Selatan, masih kurang memiliki kemampuan untuk menggunakan sopan santun, yang mencegah mereka untuk memahami bagaimana melakukannya sesuai dengan hukum Islam. Berdasarkan hasil pengajaran saya, saya telah menemukan bahwa mengajar dengan metode deskriptif kualitatif dan mempromosikan prinsip-prinsip Islam adalah cara yang efektif untuk membantu siswa mengembangkan karakter moral dan menjadi lebih menghormati guru mereka dan masyarakat luas. Pengembangan prinsip-prinsip moral yang tinggi, ditunjukkan oleh sopan santun dan menghormati orang lain dan lingkungan, serta strategi pengajaran dari mereka yang memiliki prinsip-prinsip moral yang tinggi dan pengetahuan tentang subjek, membantu siswa menjadi lebih tegak secara moral.

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Mardiah Astuti, & Sri Hartati. (2023). Pembinaan Ekstrakurikuler Islami bagi Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Berakhlak Mulia di SDN 01 Lahat Selatan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 69–74. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.143