Pembinaan Ekstrakurikuler Islami bagi Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Berakhlak Mulia di SDN 01 Lahat Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.143Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat karakter guru yang baik dengan membudayakan akhlak mulia murid, khususnya SDN 01 Kabupaten Lahat Selatan Lahat. Secara khusus Desa Tanjung Payang, SDN 01 Lahat Selatan, menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Menulis artikel ilmiah membantu siswa belajar lebih banyak sambil menumbuhkan perilaku dan sikap hormat. Temuan ini menunjukkan bahwa banyak siswa, khususnya di SDN 01 Lahat Selatan, masih kurang memiliki kemampuan untuk menggunakan sopan santun, yang mencegah mereka untuk memahami bagaimana melakukannya sesuai dengan hukum Islam. Berdasarkan hasil pengajaran saya, saya telah menemukan bahwa mengajar dengan metode deskriptif kualitatif dan mempromosikan prinsip-prinsip Islam adalah cara yang efektif untuk membantu siswa mengembangkan karakter moral dan menjadi lebih menghormati guru mereka dan masyarakat luas. Pengembangan prinsip-prinsip moral yang tinggi, ditunjukkan oleh sopan santun dan menghormati orang lain dan lingkungan, serta strategi pengajaran dari mereka yang memiliki prinsip-prinsip moral yang tinggi dan pengetahuan tentang subjek, membantu siswa menjadi lebih tegak secara moral.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mardiah Astuti, Sri Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).