Penguatan Implementasi Model Edutechnopreneur Islami Bagi Guru Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Siraj Siraj Universitas Malikussaleh
  • Taufiq Taufiq Universitas Malikussaleh
  • Abubakar Abubakar Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Yusuf Universitas Malikussaleh
  • Syamsul Bahri Universitas Malikussaleh
  • Marwan Marwan Universitas Al-Muslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.146

Abstract

Salah satu terobosan yang diambil oleh pemerintah Aceh adalah dengan menerbitkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 66 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi dan Kewirausahaan Islami pada Sekolah Menengah Kejuruan di Aceh. Hal ini diharapkan dapat memberi bekal kemampuan dalam wujud kompetensi dasar terkait dengan kemandirian lulusan dan mengelola kegiatan produksi dan jasa di sekolah dan luar sekolah. Unit produksi Edutechnopreneur Islami merupakan merupakan satu pengajaran dengan sistem blok khusus mata pelajaran produktif di SMK dan juga merupakan sebuah lembaga pengelola produksi dan jasa yang mendatangkan income generating bagi sekolah dan warga sekolah. Kegiatan pengabdian pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam usaha peningkatan pengetahuan dan memperbaiki/membantu guru-guru produktif sekolah mitra melalui kegiatan penguatan implementasi model Edutechnopreneur Islami bagi guru Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Lhokseumawe. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pemberdayaan masyarakat ini dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan melalui kegiatan penguatan implementasi model Edutechnopreneur Islami bagi guru Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Lhokseumawe adalah sebagai berikut: (1) meningkatnya pengetahuan guru-guru produktif terkait implementasi model Edutechnopreneur Islami; (2) meningkatnya pengetahuan dan kompetensi guru-guru produktif dalam membangun industri di sekolah; dan (3) meningkatnya pengetahuan kepala sekolah dalam implemtasi manajemen pembelajaran berbasis produksi dalam menghasilkan produk-produk yang layak dijual dan mampu bersaing di pasaran.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Siraj, . . S., Taufiq, T., Abubakar, A., Yusuf, M. ., Bahri, S. ., & Marwan, M. (2023). Penguatan Implementasi Model Edutechnopreneur Islami Bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 26–30. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.146