Peningkatan Perencanaan Karir Siswa Yang Terintegrasi Dengan Mitra Dudi Melalui System Students Career Planing (SCP) Di SMK Dinamika Insan Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1475Abstract
SMK Dimamika Insan Madiri (DIMA) merupakan SMK berbasis Islam yang terintegrasi dengan pendidikan agama pondok pesantren Al-Fath Bekasi yang belokasi di Jl. R.H. Umar No.108, RT.005/RW.018, Jaka Setia, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Permasalahan Perencanaan karir SMK DIMA saat ini yaitu (1) Belum memiliki perencanaan siswa karir yang sistematis, (2) Data terkait perencanaan karir siswa masih dicatat secara manual, (3) Data karir siswa masih parsial atau belum terintegrasi secara kuat antara data guru BK, guru/wali kelas dan bagian kesiswaan dan (4) Belum ada pemanfaatan system teknologi informasi dan komunikasi terkait perencanaan karir siswa yang terintgrasi dengan Kebutuhan Mitra DUDI. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan perencanaan karirwa di SMK DIMA dan mengintegrasikannya dengan kebutuhan pada mitra DUDI melalui system Students Career Planing (SCP). Solusi dalam mengatasi permasalahan yaitu Implementasi penyusunan karir siswa secara sistematis, efektif dan efisien dan Pembekalan Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dan Pengembangan dan Implementasi System Students Career Planing (System SCP). Berdasarkan dari implementasi kegiatan ini diperoleh hasil yaitu tercapai peningkatan efektivitas penyusunan perencanaan karir siswa sebesar 81.1%, tercapai peningkatan kemampuan siswa dalam merencanakan karir sebesar 88.29%, tercapai peningkatan pengetahuan mitra dalam Menyusun rencana karir siswa secara sistematis dan komprehensif dan membuat laporan individu karir siswa sebesar 87%, tercapai peningkatan keterampilan mitra dalam menggunakan need assessment, aplikasi SCP dan memberikan pembekalan kepada siswa sebesar 85.5%, Tercapai serah terima aplikasi SCP. Tercapai peningkatan minat lulusan menjadi 67%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agung Rustanto, Trisna Sonjaya, Tantri Yanuar Rahmat Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).