Pelatihan Pengembangan UMKM Pada Kelompok Wanita Tani dengan Mengunakan Strategi Marketing Komunikasi

Authors

  • Harry Fajar Maulana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rama Ariendika Universitas Muhammadiyah Buton
  • La Ode Muh. Aligafur M.D. Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.151

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran memainkan peran penting dalam mempromosikan produk dan memastikan kelangsungan bisnis. keterampilan pemasaran yang kurang memadai, kelompok tani perempuan desa Masalili mungkin mengalami masalah dalam mengiklankan produk mereka, Metode Kegiatan tersebut meliputi tahapan perencanaan dan observasi, termasuk Forum Group Discussion (FGD) dengan tokoh desa dan anggota Kelompok Wanita Tani. Tahap implementasi meliputi koordinasi dengan masyarakat setempat, penyiapan alat dan media yang diperlukan, serta peninjauan atraksi wisata dan UMKM. Workshop pemasaran digital membekali pengelola pariwisata Masalili dengan keterampilan membuat konten, mengelola website, dan media sosial. Tahap penilaian akhir menilai kinerja kegiatan, bertujuan untuk mengidentifikasi kekurangan dan perbaikan untuk kegiatan di masa mendatang. Tujuannya untuk meningkatkan strategi pemasaran digital Desa Masalili untuk pariwisata.Dalam pelaksanaan kegiatan ini di hadri oleh Kelompok Wanita Tani desa Masalili sejumlah 50 orang, dalam kegiatan ini tim program pengabdian melakukan kegiatan pelatihan dengan bentuk FGD. Dalam pelaknsanaa tim melakukan kegiatan dengan memberikan materi Strategi Markteing sebagai materi pemahaman awal dalam kegiatan ini, dalam meningkatkan pemahaman dasar pada program pelatihan tim melakukan edukasi dengan memberikan materi sebaai berikut: Strategi Marketing Komunikasi: Segmentasi Pasar: Pesan Pemasaran: BrandingMedia Sosial: Pengukuran Kinerja Pemasaran: Pengenalan Produk: Pasar dan Persaingan: Kreativitas dalam Pemasaran: Dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep strategi marketing komunikasi, kelompok wanita tani di Desa Masalili dapat meningkatkan promosi produk mereka, menjangkau pelanggan yang lebih luas, dan membantu dalam pertumbuhan bisnis mereka secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Maulana, H. F. ., Ariendika, R. ., & M.D., L. O. M. A. . (2023). Pelatihan Pengembangan UMKM Pada Kelompok Wanita Tani dengan Mengunakan Strategi Marketing Komunikasi. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 51–56. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.151