Pelatihan Pengembangan UMKM Pada Kelompok Wanita Tani dengan Mengunakan Strategi Marketing Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.151Abstract
Strategi komunikasi pemasaran memainkan peran penting dalam mempromosikan produk dan memastikan kelangsungan bisnis. keterampilan pemasaran yang kurang memadai, kelompok tani perempuan desa Masalili mungkin mengalami masalah dalam mengiklankan produk mereka, Metode Kegiatan tersebut meliputi tahapan perencanaan dan observasi, termasuk Forum Group Discussion (FGD) dengan tokoh desa dan anggota Kelompok Wanita Tani. Tahap implementasi meliputi koordinasi dengan masyarakat setempat, penyiapan alat dan media yang diperlukan, serta peninjauan atraksi wisata dan UMKM. Workshop pemasaran digital membekali pengelola pariwisata Masalili dengan keterampilan membuat konten, mengelola website, dan media sosial. Tahap penilaian akhir menilai kinerja kegiatan, bertujuan untuk mengidentifikasi kekurangan dan perbaikan untuk kegiatan di masa mendatang. Tujuannya untuk meningkatkan strategi pemasaran digital Desa Masalili untuk pariwisata.Dalam pelaksanaan kegiatan ini di hadri oleh Kelompok Wanita Tani desa Masalili sejumlah 50 orang, dalam kegiatan ini tim program pengabdian melakukan kegiatan pelatihan dengan bentuk FGD. Dalam pelaknsanaa tim melakukan kegiatan dengan memberikan materi Strategi Markteing sebagai materi pemahaman awal dalam kegiatan ini, dalam meningkatkan pemahaman dasar pada program pelatihan tim melakukan edukasi dengan memberikan materi sebaai berikut: Strategi Marketing Komunikasi: Segmentasi Pasar: Pesan Pemasaran: BrandingMedia Sosial: Pengukuran Kinerja Pemasaran: Pengenalan Produk: Pasar dan Persaingan: Kreativitas dalam Pemasaran: Dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep strategi marketing komunikasi, kelompok wanita tani di Desa Masalili dapat meningkatkan promosi produk mereka, menjangkau pelanggan yang lebih luas, dan membantu dalam pertumbuhan bisnis mereka secara berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Harry Fajar Maulana, Rama Ariendika, La Ode Muh. Aligafur M.D.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).