Pelatihan dan Pendampingan Guru SDIT ASA untuk Meningkatkan Kompetensi Pembuatan Soal Literasi Numerasi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum

Authors

  • Suci Rahma Putri Universitas Dharmas Indonesia
  • Aprimadedi Aprimadedi Universitas Dharmas Indonesia
  • Yulia Darniyanti Universitas Dharmas Indonesia
  • Dinda Yolianda Universitas Dharmas Indonesia
  • Mulya Sari Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1532

Abstract

Perkembangan pengetahuan pada abad 21 diprioritaskan pada tiga keterampilan, yaitu learning skills, literacy skills, dan life skills. Untuk mengevaluasi keterampilan tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) agar mampu mengevaluasi peningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia secara menyeluruh. Salah satu kriteria yang diujikan adalah kemampuan literasi numerasi berbasis AKM. Namun, kemampuan guru dalam merancang dan mengembangkan soal literasi numerasi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum masih kurang sehingga berakibat pada rendahnya hasil Asesmen Kompetensi Minimun siswa saat mengikuti ANBK. Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan pembuatan soal Literasi Numerasi bagi guru SDIT ASA untuk menigkatkan kompetensi guru dalam membuat soal Literas Numerasi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum.. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar mampu mengembangkan kompetensi guru dalam membuat soal literasi numerasi sehingga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran agar mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah literasi numerasi dan meningkatkan kualitas lulusan SDIT ASA. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah seminar literasi numerasi dan pelatihan serta pendampingan pembuatan soal literasi numerasi berbasis AKM.  Berdasarkan hasil pengamatan dan survey, 90% guru mulai memahami konsep literasi numerasi dan 80% guru mampu merancang soal sesuai dengan materi yang dipelajari siswa.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Suci Rahma Putri, Aprimadedi, A., Darniyanti, Y. ., Yolianda, D. ., & Sari, M. . (2024). Pelatihan dan Pendampingan Guru SDIT ASA untuk Meningkatkan Kompetensi Pembuatan Soal Literasi Numerasi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 788–796. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1532