Partisipasi Mahasiswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Visual Interaktif Di SD Islam Swasta Dewi Sri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1537Abstract
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SD Islam Swasta Dewi Sri bertujuan meningkatkan kesiapan mengajar guru melalui penggunaan media pembelajaran visual interaktif. Kegiatan ini ditujukan untuk mengatasi kurangnya media pembelajaran yang berdampak pada pemahaman siswa, khususnya dalam membaca dan menghitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah partipasi langsung dengan subjek penelitian yang dinamakan dengan Participatory Action Research (PAR) dan meliputi pengajaran langsung dengan media audio-visual dan interaksi aktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi mahasiswa KKN dalam pengembangan kesiapan mengajar guru melalui penggunaan media pembelajaran visual interaktif di SD Islam Swasta Dewi Sri memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan, baik dalam bentuk audio, visual, maupun audiovisual, membantu meningkatkan pemahaman siswa terutama dalam hal membaca dan menghitung. Partisipasi mahasiswa KKN juga membantu guru dalam mengembangkan kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran yang efektif. Kegiatan ini tidak hanya mendapat respons positif dari guru dan siswa, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Penggunaan media interaktif terbukti mampu mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran, seperti kesulitan siswa untuk fokus dan keterbatasan media yang dimiliki oleh sekolah.
Kata Kunci: Partisipasi, Media Pembelajaran, Interaktif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mukhlis Tri Mulya Marpaung, Miftahul Jannah, Dhea Tri Fadillah, Rizki Winanti, Very Armanda Siregar, Nurabni Ramadhani Marbun, Amalia Mahfuza, Mulkan Khatami, Putri Imelda, Chuzaimah Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).