Partisipasi Mahasiswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Visual Interaktif Di SD Islam Swasta Dewi Sri

Authors

  • Mukhlis Tri Mulya Marpaung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dhea Tri Fadillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Winanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Very Armanda Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurabni Ramadhani Marbun Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amalia Mahfuza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mulkan Khatami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Imelda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Chuzaimah Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1537

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SD Islam Swasta Dewi Sri bertujuan meningkatkan kesiapan mengajar guru melalui penggunaan media pembelajaran visual interaktif. Kegiatan ini ditujukan untuk mengatasi kurangnya media pembelajaran yang berdampak pada pemahaman siswa, khususnya dalam membaca dan menghitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah partipasi langsung dengan subjek penelitian yang dinamakan dengan Participatory Action Research (PAR) dan meliputi pengajaran langsung dengan media audio-visual dan interaksi aktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi mahasiswa KKN dalam pengembangan kesiapan mengajar guru melalui penggunaan media pembelajaran visual interaktif di SD Islam Swasta Dewi Sri memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan, baik dalam bentuk audio, visual, maupun audiovisual, membantu meningkatkan pemahaman siswa terutama dalam hal membaca dan menghitung. Partisipasi mahasiswa KKN juga membantu guru dalam mengembangkan kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran yang efektif. Kegiatan ini tidak hanya mendapat respons positif dari guru dan siswa, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Penggunaan media interaktif terbukti mampu mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran, seperti kesulitan siswa untuk fokus dan keterbatasan media yang dimiliki oleh sekolah.

Kata Kunci: Partisipasi, Media Pembelajaran, Interaktif

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Marpaung, M. T. M. ., Jannah, M., Fadillah, D. T. ., Winanti, R. ., Siregar, V. A. ., Marbun, N. R. ., Mahfuza, A. ., Khatami, M. ., Imelda, P. ., & Batubara, C. . (2024). Partisipasi Mahasiswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Visual Interaktif Di SD Islam Swasta Dewi Sri. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 809–815. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1537