Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan

Authors

  • Asmidar Parapat Universitas Pembanguan Panca Budi
  • Munisa Munisa Universitas Pembanguan Panca Budi
  • Rita Nofianti Universitas Pembanguan Panca Budi
  • Ega Pratiwi Universitas Pembanguan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.155

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan bahasa anak usia dini melalui kegiatan mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Pendidikan literasi yang berfokus pada pembentukan pola pikir kritis dan logis kini menjadi sorotan utama para praktisi pendidikan. Metode pembelajaran yang monoton di Taman Kanak-kanak sering kali hanya membuat anak menjadi pendengar pasif, tanpa partisipasi aktif dalam proses belajar. Dengan menerapkan kegiatan mendongeng yang interaktif, anak-anak diharapkan dapat terlibat secara lebih langsung dalam cerita, mengasah kemampuan bahasa, serta merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Pendekatan ini diharapkan akan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih bersemangat dan merangsang perkembangan intelektual anak. Melalui upaya ini, diharapkan anak-anak akan tumbuh dengan kegemaran membaca dan pola pikir yang lebih analitis, mempersiapkan dasar yang kuat untuk perkembangan mereka di masa mendatang

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Parapat , A. ., Munisa, M., Nofianti, R. ., & Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 75–79. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.155