Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.155Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan bahasa anak usia dini melalui kegiatan mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Pendidikan literasi yang berfokus pada pembentukan pola pikir kritis dan logis kini menjadi sorotan utama para praktisi pendidikan. Metode pembelajaran yang monoton di Taman Kanak-kanak sering kali hanya membuat anak menjadi pendengar pasif, tanpa partisipasi aktif dalam proses belajar. Dengan menerapkan kegiatan mendongeng yang interaktif, anak-anak diharapkan dapat terlibat secara lebih langsung dalam cerita, mengasah kemampuan bahasa, serta merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Pendekatan ini diharapkan akan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih bersemangat dan merangsang perkembangan intelektual anak. Melalui upaya ini, diharapkan anak-anak akan tumbuh dengan kegemaran membaca dan pola pikir yang lebih analitis, mempersiapkan dasar yang kuat untuk perkembangan mereka di masa mendatang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asmidar Parapat, Munisa, Rita Nofianti , Ega Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).