Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Asesmen Berbasis Digital dengan menggunakan Aplikasi Kahoot

Authors

  • Hidayatul Arief Universitas Jambi
  • Friscilla Wulan Tersta Universitas Jambi
  • Mayasari Mayasari Universitas Jambi
  • Eva Iryani Universitas Jambi
  • Mar’atun Sholiha Universitas Jambi
  • Ervan Johan Wicaksana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1562

Abstract

Perkembangan teknologi yang terjadi dalam beberapa dekade ini memberikan dampak ke dunia pendidikan yang menuntut guru harus lebih berinovasi dalam melakukan pembelajaran tidak terkecuali dalam proses asesmen. Platform Kahoot diyakinin memainkan peran penting dalam gamifikasi program asesmen sederhana dan berkontribusi terhadap keberhasilan peserta didik di berbagai tingkatan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan bagaimana merancang dan mengimplementasikan asesmen berbasis digital dengan menggunakan aplikasi kahoot bagi para guru di Sekolah IT Ash-Shiddiqi Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan metode metode service learning dan penyampaian materi dalakukan dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab serta dilanjutkan dengan praktik langsung. Bentuk evaluasi dalam pengabdian ini dengan meminta tanggapan peserta melalui kuesioner. Hasil pengabdian yang dilaksanakan secara keseluruhan mendapatkan hasil positif dari para peserta dimana pengabdian ini memberikan dampak positif bagi para guru dalam menambah pengetahuan dan kerterampilan yang menunjang peningkatan kompetensi mereka untuk menjadi seorang guru yang efektif. Untuk itu, disarankan kepada para guru untuk selalu dapat menugpgrade kemampuan literasi digital sehingga mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran yang merekan lakukan.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Arief, H. ., Tersta, F. W. ., Mayasari, M., Iryani, E. ., Sholiha, M. ., & Wicaksana, E. J. . (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Asesmen Berbasis Digital dengan menggunakan Aplikasi Kahoot. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 974–980. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1562