Pelatihan Numerasi: Membangun Kemampuan Mengajar Yang Kreatif Bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1579Abstract
Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pelatihan guru yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa di sekolah dasar. Rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini akan bermanfaat tidak hanya bagi pengembangan kurikulum pelatihan, tetapi juga bagi peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelatihan literasi numerasi untuk guru sekolah dasar memiliki hubungan yang erat dengan upaya membangun kemampuan mengajar yang kreatif. Pelatihan numerasi dirancang untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajarkan konsep matematika dengan cara yang inovatif dan kreatif, yang pada gilirannya akan memengaruhi pengalaman belajar siswa. Pelatihan numerasi yang dilaksanakan dari 2 hingga 9 September 2024 berhasil membangun kemampuan mengajar yang kreatif bagi guru sekolah dasar, meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep matematika, serta memperkenalkan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik. Melalui aktivitas kolaboratif, guru tidak hanya memperoleh keterampilan baru tetapi juga saling berbagi pengalaman, yang memperkuat komitmen mereka terhadap praktik pengajaran yang inovatif. Evaluasi menunjukkan peningkatan kepercayaan diri di antara peserta, dan rekomendasi untuk pelatihan selanjutnya akan membantu memastikan bahwa dampak positif ini dapat berlanjut, berkontribusi pada peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika di masa depan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prihantini Prihantini, Dheo Rimbano, Loso Judijanto, M. Iqbal Abdurrahim, Archristhea Amahoru, Edi Ahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).