Pelatihan Numerasi: Membangun Kemampuan Mengajar Yang Kreatif Bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Prihantini Prihantini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Dheo Rimbano Universitas Bina Insan
  • Loso Judijanto IPOSS Jakarta
  • M. Iqbal Abdurrahim Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Archristhea Amahoru Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Edi Ahyani Institut Agama Islam Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1579

Abstract

Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pelatihan guru yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa di sekolah dasar. Rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini akan bermanfaat tidak hanya bagi pengembangan kurikulum pelatihan, tetapi juga bagi peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelatihan literasi numerasi untuk guru sekolah dasar memiliki hubungan yang erat dengan upaya membangun kemampuan mengajar yang kreatif. Pelatihan numerasi dirancang untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajarkan konsep matematika dengan cara yang inovatif dan kreatif, yang pada gilirannya akan memengaruhi pengalaman belajar siswa. Pelatihan numerasi yang dilaksanakan dari 2 hingga 9 September 2024 berhasil membangun kemampuan mengajar yang kreatif bagi guru sekolah dasar, meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep matematika, serta memperkenalkan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik. Melalui aktivitas kolaboratif, guru tidak hanya memperoleh keterampilan baru tetapi juga saling berbagi pengalaman, yang memperkuat komitmen mereka terhadap praktik pengajaran yang inovatif. Evaluasi menunjukkan peningkatan kepercayaan diri di antara peserta, dan rekomendasi untuk pelatihan selanjutnya akan membantu memastikan bahwa dampak positif ini dapat berlanjut, berkontribusi pada peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika di masa depan

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Prihantini, P., Rimbano, D. ., Judijanto, L. ., Abdurrahim, M. I. ., Amahoru, A. ., & Ahyani, E. . (2024). Pelatihan Numerasi: Membangun Kemampuan Mengajar Yang Kreatif Bagi Guru Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 895–901. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1579