Peningkatan Budaya Literasi Membaca Melalui Pojok Baca Di MIS Al Ilmiyun Bersama Mahasiswa KKN 144 UINSU Desa Paya Rengas

Authors

  • Dahlia Safutri Br Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aulia Rahmadani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juliana Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairul Amri Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dzakkiyah Addawiyah Marpaung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1589

Abstract

Budaya literasi sangat penting bagi siswa karena membantu siswa untuk memahami informasi, menganalisis, kritis dan reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca peserta didik melalui kegiatan literasi dalam bentuk pojok baca di MIS Al-Ilmiyun Desa Paya Rengas. Adapun jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pojok baca berpengaruh positif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung budaya literasi serta mampu menumbuhkan minat baca siswa dan semangat siswa untuk terus membaca.

Kata Kunci: Literasi, Membaca, Pojok Baca

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Sitorus, D. S. B. ., Rahmadani, A. ., Nasution, J. ., Silalahi, K. A., & Marpaung, D. A. . (2024). Peningkatan Budaya Literasi Membaca Melalui Pojok Baca Di MIS Al Ilmiyun Bersama Mahasiswa KKN 144 UINSU Desa Paya Rengas. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 829–834. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1589