Pengembangan Profesi Guru SD Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Aris Susanto STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Ali Rahmat Unton STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Masdiana Masdiana STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Lismawati Sudiah STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Rahmawati Nurkarima STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Silvia Agnesi Waly STKIP Pelita Nusantara Buton
  • Karim Karim STKIP Pelita Nusantara Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.159

Abstract

Guru mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang generasi masa depan. Guru juga selalu dituntut untuk melaksanakan perbaikan menuju kualitas pada dunia formal pendidikan, sehingga hampir semua usaha yang menyangkut pembaharuan di bidang pendidikan bergantung pada guru. Oleh sebab itu, perlu ada kegiatan pengembangan dalam rangka meningkatkan kualitas  profesionalisme pendidik. Kriteria profesionalisme guru meliputi: kemampuan menguasai bahan, mengelola PBM, mengelola kelas, mengelola media atau sumber belajar, menguasai landasan pendidikan, mengenal interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa, mengenal fungsi dan program pelayanan BP, serta mengenal administrasi sekolah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di SD Negeri 1 Baadia merupakan kegiatan kerjasama antara Guru SD Negeri 1 Baadia bersama Dosen STKIP Pelita Nusantara Buton dalam rangka pengembangan profesionalisme guru di Sekolah serta meningkatkan mutu sumber daya manusia di dunia pendidikan. Adapun metode penyampaian pada pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu penyuluhan atau sosialisasi dalam rangka meningkatkan pemahaman serta kesadaran terhadap profesionalitas guru pada implementasi kurikulum merdeka belajar. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu, guru di SD Negeri 1 Baadia dapat memahami tugas dan fungsi serta perannya dalam mewujudkan peserta didik yang cerdas serta terampil sesuai dengan cita-cita kurikulum merdeka belajar.

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Susanto, A. ., Unton, A. R. ., Masdiana, . M., Sudiah, L. ., Nurkarima, R. ., Waly, . S. A. ., & Karim, K. (2023). Pengembangan Profesi Guru SD Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 90–95. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.159