Transformasi Komunikasi Sekolah: Pelatihan Google Sites sebagai Solusi Inovasi Humas OSIS SMA Negeri 1 Sungai Penuh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1591Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pelatihan Google Sites sebagai solusi inovatif untuk komunikasi sekolah, khususnya pada Humas OSIS di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Pelatihan ini memberikan langkah-langkah praktis bagi anggota OSIS dalam membuat dan mengelola situs web sekolah, sehingga dapat meningkatkan komunikasi antara sekolah, siswa, orang tua, dan masyarakat luas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan digital yang signifikan pada peserta, dengan lebih dari 85% melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam menggunakan Google Sites setelah pelatihan. Inisiatif ini juga menghasilkan situs web yang dikelola OSIS, yang menyediakan informasi yang mudah diakses dan memperkuat keterlibatan komunitas sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi platform digital dapat secara signifikan meningkatkan strategi komunikasi sekolah, mentransformasikan metode tradisional menjadi lebih interaktif dan efisien.
Kata Kunci: Google Sites, komunikasi sekolah, transformasi digital, humas sekolah, OSIS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hansein Arif Wijaya, Aprillitzavivayarti Aprillitzavivayarti, Musyaiyadah Musyaiyadah, Lisa Rukmana, Fitriana Fitriana, Robi Hendra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).