Pelatihan Strategi Pemasaran Untuk UMKM Di Lingkungan RW 10 Sukamaju Cibeunying Kidul Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.160Abstract
Dengan pertumbuhan UMKM yang meningkat dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang beragam sehingga dapat menyerap para tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar UMKM itu berada seperti keluarga atau tetangga atau juga untuk tenaga kerja secara domestik dan diharapkan kehadiran UMKM pada lingkungan sekitar dapat menyerap kebutuhan untuk masyarakat sekitar tidak usah jauh-jauh mencari produk diluar daerah atauupun Internasional kerena UMKM lokal sudah dapat memenuhi secara baik dengan demikian roda perekomian semakin meningkat dan membaik Metode yang diterapkan untuk pelatihan Strategi Pemasaran dilakukan secara tatap muka langsung di Bale RW 10 di Sukamaju Cibeunying Kidul sehingga bantuan dalam bentuk pemikiran, ide dan pengalaman dapat diberikan secara langsung para peserta dibuat secara berkelompok berdasarkan jenis usahanya ketika memberikan materi tentang Strategi Pemasaran Adapun pendekatan individu adalah berupa tukar pendapat dalam bentuk diskusi, tanya jawab, studi kasus akan permasalahan kepada masing-masing peserta agar lebih bisa menerapkan strategi pemasarannya secara baik dan benar.Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah terlaksana dapat mencapai target yang direncanakan dari segi jumlah peserta yang hadir, Materi terapan, penyampaian materi,pemenuhan target minat dan motivasi. Peserta mengikuti pelatihan PKM dapat memahami tentang strategi Pemasaran serta meningkatkan minat dan motivasi untuk secara pribadi para peserta pelatihan untuk sebagai pelaku UMKM yang kreatif dan inovatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adam Faritzal, Gina Apryani Nurunnisha, Fadhlan Ridhwana Sujana, Ismail Solihin, Keni Kaniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).