Pelatihan Strategi Pemasaran Untuk UMKM Di Lingkungan RW 10 Sukamaju Cibeunying Kidul Kota Bandung

Authors

  • Adam Faritzal Universitas Widyatama
  • Gina Apryani Nurunnisha Universitas Widyatama
  • Fadhlan Ridhwana Sujana Universitas Widyatama
  • Ismail Solihin Universitas Widyatama
  • Keni Kaniawati Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.160

Abstract

Dengan pertumbuhan UMKM yang meningkat dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang beragam sehingga dapat menyerap para tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar UMKM itu berada seperti keluarga atau tetangga atau juga untuk tenaga kerja secara domestik dan diharapkan kehadiran UMKM pada lingkungan sekitar dapat menyerap kebutuhan untuk masyarakat sekitar tidak usah jauh-jauh mencari produk diluar daerah atauupun Internasional kerena UMKM lokal sudah dapat memenuhi secara baik dengan demikian roda perekomian semakin meningkat dan membaik Metode yang diterapkan untuk pelatihan Strategi Pemasaran dilakukan secara tatap muka langsung di Bale RW 10 di Sukamaju Cibeunying Kidul sehingga bantuan dalam bentuk pemikiran, ide dan pengalaman dapat diberikan secara langsung para peserta dibuat secara berkelompok berdasarkan jenis usahanya ketika memberikan materi tentang Strategi Pemasaran Adapun pendekatan individu  adalah berupa tukar pendapat dalam bentuk diskusi, tanya jawab, studi kasus akan permasalahan  kepada masing-masing peserta agar lebih bisa menerapkan strategi pemasarannya secara baik dan benar.Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah terlaksana dapat mencapai target yang direncanakan  dari segi jumlah peserta yang hadir, Materi terapan, penyampaian materi,pemenuhan target minat dan motivasi. Peserta mengikuti pelatihan PKM dapat memahami tentang strategi Pemasaran serta meningkatkan minat dan motivasi untuk secara pribadi para peserta pelatihan untuk sebagai pelaku UMKM yang kreatif dan inovatif.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Faritzal, A. ., Nurunnisha, G. A. ., Sujana, F. R. ., Solihin, I., & Kaniawati, K. . (2023). Pelatihan Strategi Pemasaran Untuk UMKM Di Lingkungan RW 10 Sukamaju Cibeunying Kidul Kota Bandung. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 96–102. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.160