Pemasaran Secara Digital Virgin Coconut Oil Sebagai Minyak Berkhasiat Obat di Desa Tanah Timbul

Authors

  • Cahaya Permata Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Rifky Azhar Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Hafiz Fajar Hidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Harun Al-Rasyid Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Yun Afifah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Yun Afifah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lisna Arnita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1617

Abstract

Desa Tanah Timbul memiliki potensi besar dalam produksi Virgin Coconut Oil, yang dihasilkan oleh salah satu UMKM setempat. Meskipun kualitas VCO yang dihasilkan sangat baik, produk ini belum dipasarkan secara luas karena keterbatasan dalam strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produk VCO melalui pemanfaatan digital marketing. Penelitian ini menggunakan metode Community Based Research melalui pelatihan pemasaran digital yang melibatkan media sosial dan e-commerce, pelaku UMKM diperkenalkan dengan teknik pemasaran modern, termasuk pembuatan konten visual, penggunaan media sosial, dan pengelolaan toko online. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam memasarkan produk secara mandiri, yang berdampak pada peningkatan penjualan dan perluasan jangkauan pasar. Dengan memanfaatkan platform digital, produk VCO dari Desa Tanah Timbul kini dapat diakses oleh konsumen yang lebih luas, meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi desa.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Permata, C. ., Hasibuan, M. R. A. ., Hidayah, M. H. F. ., Al-Rasyid, H. ., Afifah, N. Y. ., Afifah, N. Y. ., & Arnita, L. (2024). Pemasaran Secara Digital Virgin Coconut Oil Sebagai Minyak Berkhasiat Obat di Desa Tanah Timbul. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 719–727. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1617