Pendampingan Optimalisasi Komunitas Belajar di SD Negeri Kabu di Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Authors

  • Muhammad Febri Rafli Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Fadhil Sidiq Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Rapita Aprilia Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Juliati Juliati Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Samudra, Langsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1634

Abstract

Peran guru dan tenaga kependidikan (GTK) sangat penting terjadinya transformasi pembelajaran  di sekolah. Transformasi pembelajaran akan terwujud apabila GTK memiliki minat dan motivasi  tinggi dalam meningkatkan kompetensi diri sebagai seorang pendidik. Peningkatan kompetensi  guru dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pelatihan, pendampingan, mengikuti webinar,  belajar mandiri menggunakan PMM, dan komunitas belajar. Urgensinya adalah masih banyak  sekolah yang belum mendaftarkan dan mengaktifkan peran komunitas belajar pada platform  merdeka mengajar (PMM). Selain itu, mayoritas guru belum sepenuhnya memahami erkait peran dan fungsi komunitas belajar yang ada pada satuan pendidikan. Sebagian guru memaknai bahwa komunitas belajar sama dengan kegiatan rutinitas rapat yang telah dijadwalkan oleh kepala sekolah.  Tentunya dengan permasalahan ini tim pengabdian ingin melakukan kegiatan pengabdian dalam  bentuk lokakarya. Komunitas belajar dalam sekolah sebagai wadah bagi guru dan tenaga  kependidikan untuk belajar bersama dan berkolaborasi secara rutin. Adapun tujuannya adalah  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga nantinya berdampak pada hasil belajar peserta  didik. Untuk memaksimalkan keberadaannya, diperlukan kolaborasi yang baik dan komitmen bersama antara guru dan tenaga kependidikan, kepala sekolah di dalam komunitas belajar. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah melakukan pendampingan optimalisasi komunitas belajar di SD Negeri Kabu sehingga terwujudnya peningkatan kolaborasi belajar bersama antara guru,  tenaga kependidikan dan kepala sekolah.Tim pengabdian akan melakukan optimalisasi programprogram yang akan dikembangkan pada komunitas belajar yang sudah terdaftar di platform merdeka mengajar (PMM). Sehingga program-program yang akan dilaksanakan sesuai kebutuhan dan permasalahan yang terjadi di sekolah. Hendaknya dengan adanya pengabdian kepada masyarakat akan dapat membantu komunitas belajar yang ada di sekolah aktif melaksanakan peningkatan kompetensi dan akselerasi transformasi pembelajaran pada peserta didik. Adapun target luaran yang dihasilkan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah 1) Publikasi | artikel ilmiah dalam jurnal nasional ber ISSN; 2) Publikasi | artikel pada media massa;  3) Video kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan luaran tambahan (modul panduan komunitas belajar).

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Rafli, M. F. ., Sidiq, F. ., Aprilia, R. ., Juliati, J., & Kenedi, A. K. . (2024). Pendampingan Optimalisasi Komunitas Belajar di SD Negeri Kabu di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 870–877. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1634