Inovasi Media Augmented Reality Dalam Mengoptimalkan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ronald Fransyaigu Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Inge Ayudia Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Rapita Arpilia Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Bunga Mulyahati Universitas Samudra, Langsa, Indonesia
  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Samudra, Langsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1635

Abstract

Peran media pembelajaran sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, karena media pembelajaran berperan dengan pengalaman belajar peserta didik. Tuntutan terhadap guru untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaranpun semakin meningkat, khususnya untuk guru sekolah dasar saat ini. Salah satu teknologi yang saat ini sedang berkembang adalah Augmented Reality (AR) yang mengacu pada integrasi dunia nyata dengan memvisualisasikan dalam bentuk digital. Kelebihan dari AR adalah bersifat interaktif dan real time sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. SDN Alue Sentang sebagai mitra dalam kegiatan PKM ini memiliki permasalahan terkait penyelenggaraan pendidikan inklusif yang dihadapi guru-guru seperti: pemahamaan guru yang masih minim dalam implementasi Pendidikan inklusi khususnya dalam mendesain media pembelajaran digital dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru-guru dalam menghasilkan media pembelajaran digital dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi, sebagai bentuk peningkatan kompetensi pedagogi dan kompetensi professional guru membuat media pembelajaran digital Augmented reality dan keberhasilan pelaksanaan pendidikan inklusi disekolah reguler menjadi sinyal baik untuk menerima anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan siswa regular. Luaaran yang ditargetkan (1) meningkatkan keterampilan mitra; (2) Publikasi Artikel di jurnal Nasional terakreditasi; (3) Publikasi Artikel di media masa; dan (4) video pelaksanaan di publish youtube.

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Fransyaigu, R. ., Ayudia, I. ., Arpilia, R. ., Mulyahati, B. ., & Kenedi, A. K. . (2024). Inovasi Media Augmented Reality Dalam Mengoptimalkan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 878–885. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1635