Pelatihan Proyek Sinema untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa SD melalui Project Based Learning (PjBL) dan Bedah Film

Authors

  • Rika Mellyaning Khoiriya Universitas Negeri Malang
  • M. Lutfhi Oktarianto Universitas Negeri Malang
  • Wida Rahayuningtyas Universitas Negeri Malang

Abstract

Tantangan unik di sektor pendidikan terutama Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang adalah keterbatasan fasilitas dan rendahnya partisipasi guru dalam pelatihan inovatif menuntut solusi kreatif untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan. Hasil observasi dan wawancara dengan Kepala SDN Sumberejo 2 beserta guru diperoleh permasalahan seperti kurangnya media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, belum optimalnya penggunaan model Project Based Learning (PjBL), serta kurangnya pemahaman dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung keterampilan abad ke-21 pada siswa. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari: persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Kegiatan pelatihan akan mencakup sesi tentang pemanfaatan sinema sebagai alat edukatif, analisis film untuk mengembangkan pemikiran kritis, serta integrasi model Project Based Learning (PjBL) dalam kurikulum dengan fokus pada pengembangan perangkat pembelajaran yang efektif. Target utama dari program ini adalah meningkatkan pemahaman guru tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan pengembangan perangkat pembelajaran yang mendukung keterampilan siswa yang kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Hasil pretest dan postest menunjukkan perbedaan yang signifikan dari 75% meningkat menjadi 85%. Peserta merasa senang dan antusias mengikuti pelatihan karena dapat membuat naskah film, praktik reka adegan film, dan presentasi hasil video rekaman film pendek sesuai dengan tema. Luaran menghasilkan film pendek yang bisa digunakan sebagai alat bantu mengajar di masa depan.

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Khoiriya, R. M., Oktarianto, M. L. ., & Rahayuningtyas , W. . (2024). Pelatihan Proyek Sinema untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa SD melalui Project Based Learning (PjBL) dan Bedah Film. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 62–73. Retrieved from https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1653