Pelatihan Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Mgmp Geografi Kota Pontianak

Authors

  • Putri Tipa Anasi Universitas Tanjungpura
  • Diah Trismi Harjanti Universitas Tanjungpura
  • LM Hari Christanto Universitas Tanjungpura
  • Nur Meily Adlika Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1656

Abstract

Pada dunia pendidikan media memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran interaktif berbasis teknologi adalah Augmented Reality (AR) yang mulai banyak digunakan untuk memberikan tampilan simulasi dalam bentuk dua dimensi dan atau tiga dimensi sehingga dapat memunculkan secara nyata dan real time. Pelatihan pembuatan Augmented Reality ini memiliki tujuan mengenalkan, melatih dan membiasakan guru-guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan Augmented Reality. Pelatihan ini melibatkan 25 orang guru mata pelajaran geografi yang tergabung dalam MGMP Kota Pontianak. Pelatihan ini dilakukan dengan praktek langsung membuat media pembelajaran menggunakan Augmented Reality secara langsung yang di pandu oleh satu orang pemateri. Selama pelaksanaan guru-guru di bagi ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 orang dan di dampingi oleh 1 orang asisten praktikum di setiap kelompoknya. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh hasil bahwa kegiatan pelatihan ini memberikan dampak yang baik dari segi pemahaman serta kemauan guru dalam mempraktekan pembuatan media pembelajaran melalui Augmented Reality.. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan Pembuatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran mampu menambah keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif.

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Inovatif

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Anasi, . P. T. ., Harjanti, D. T. ., Christanto, L. H. ., & Adlika, N. M. . (2024). Pelatihan Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Mgmp Geografi Kota Pontianak. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 1111–1117. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1656