Pelatihan Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Mgmp Geografi Kota Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1656Abstract
Pada dunia pendidikan media memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran interaktif berbasis teknologi adalah Augmented Reality (AR) yang mulai banyak digunakan untuk memberikan tampilan simulasi dalam bentuk dua dimensi dan atau tiga dimensi sehingga dapat memunculkan secara nyata dan real time. Pelatihan pembuatan Augmented Reality ini memiliki tujuan mengenalkan, melatih dan membiasakan guru-guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan Augmented Reality. Pelatihan ini melibatkan 25 orang guru mata pelajaran geografi yang tergabung dalam MGMP Kota Pontianak. Pelatihan ini dilakukan dengan praktek langsung membuat media pembelajaran menggunakan Augmented Reality secara langsung yang di pandu oleh satu orang pemateri. Selama pelaksanaan guru-guru di bagi ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 orang dan di dampingi oleh 1 orang asisten praktikum di setiap kelompoknya. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh hasil bahwa kegiatan pelatihan ini memberikan dampak yang baik dari segi pemahaman serta kemauan guru dalam mempraktekan pembuatan media pembelajaran melalui Augmented Reality.. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan Pembuatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran mampu menambah keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif.
Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Inovatif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah Trismi Harjanti, Putri Tipa Anasi, LM Hari Christanto, Nur Meily Adlika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).